Breaking News:

Berita Kabupaten Kediri

Bupati Mas Dhito Gercep Merespons Aduan Masyarakat Kediri Soal Kesulitan Air Bersih

Bupati Mas Dhito gercep merespons aduan masyarakat Kabupaten Kediri yang mengaku kesulitan mendapatkan air bersih dampak kerusakan pipa PDAM.

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono berada di Kecamatan Ngancar untuk merespons aduan masyarakat terkait kesulitan air bersih, Jumat (24/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Terima aduan warga yang kesulitan mendapatkan air bersih, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono langsung terjun menuju ke Kecamatan Ngancar.

Mengetahui penyebab kelangkaan air, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menargetkan dalam satu pekan, rumah warga akan teraliri air bersih.

Keluhan tentang pasokan air bersih itu disampaikan Ririn Triyani, perwakilan warga Desa Ngancar, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, yang hadir dalam acara Jumat Ngopi, Jumat (24/12/2021) siang. 

Sudah dua bulan jaringan pipa air bersih milik PDAM ke desanya rusak, sehingga untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa harus membeli dari mobil tangki. 

"Per tangki itu sekitar Rp 150 ribu, dan itu cuma pemakaian sekitar satu minggu. Kita ke sini untuk menyampaikan masalah di wilayah kami," ucap Ririn dalam acara Jumat Ngopi.

Tidak sampai menunggu hitungan hari, setelah acara Jumat Ngopi yang diadakan di Pendopo Panjalu Jayati itu selesai, Mas Dhito langsung berangkat menuju ke daerah lereng barat Gunung Kelud itu.

Hal ini dilakukan agar permasalahan bisa ditangani dengan cepat, dia pun mengajak pihak PDAM untuk ikut serta mengecek ke lokasi.

Setelah mengecek peta jalur pipa, Mas Dhito langsung menuju ke Desa Sugih Waras yang menjadi lokasi sumber air PDAM

Di sana, baru diketahui ada tiga desa, yakni Ngancar, Sugih Waras dan Sempu yang terdampak kerusakan pipa PDAM. Berdasarkan informasi warga, kerusakan disebabkan jaringan pipa yang tertimbun longsor.

Baca juga: Akun Twitter Seskab Pramono Anung Dibajak, Netizen Sebut Kode Nuklir, Mas Dhito: Naya Berani

"Kita akan carikan solusi, secepatnya supaya bisa ditindaklanjuti," kata Mas Dhito.

Untuk memeriksa pasokan air bermasalah, Mas Dhito mengecek kamar mandi milik warga. 

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Mas Dhito meminta secepatnya dikirimkan alat berat backhoe untuk mengeruk material longsoran yang menimbun pipa air.

"Kita targetkan Sabtu hingga Senin ini alat beratnya sudah datang, dan tidak sampai seminggu air sudah lancar," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved