Breaking News:

Berita Kediri

Gubernur Khofifah Tolak Masuknya Daging Sapi Impor, Sebut Stok Sapi Potong di Jatim Melimpah

Gejolak kenaikan harga daging sapi di sejumlah daerah telah diantisipasi oleh Pemprov Jawa Timur. Salah satu opsinya Pemprov Jatim melarang masuknya

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendapatkan souvernir wayang sewaktu menghadiri Muswil 5 Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Hotel Insumo Kota Kediri, Minggu (27/2/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Gejolak kenaikan harga daging sapi di sejumlah daerah telah diantisipasi oleh Pemprov Jawa Timur. Salah satu opsinya Pemprov Jatim melarang masuknya daging sapi impor.

"Saya melarang untuk masuknya daging impor ke Jawa Timur. Insa Allah Jawa Timur sudah sangat cukup kebutuhan daging di seluruh area pasar moderen dan pasar tradisional," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (27/2/2022).

Dijelaskan Gubernur Khofifah, populasi sapi potong di Jatim sangat mencukupi kebutuhan daging sapi masyarakat. Sehingga Jatim tidak perlu masuknya daging sapi impor.

"Kita punya populasi sapi potong 4,93 juta ekor. Harganya di pasar-pasar tradisional masih stabil dan suplainya juga stabil," jelasnya.

Wacana melakukan impor daging sapi dilakukan menyusul terjadinya kenaikan harga daging sapi di beberapa kota besar sejumlah provinsi. 

Baca juga: Harga Daging Sapi di Malang Naik, Penjualan Merosot, Pedagang Hanya Bisa Pasrah

Sehingga untuk mencukupi ada opsi pemerintah melakukan impor daging sapi untuk memenuhi  kebutuhan pasar.

"Silakan kalau pemerintah melakukan impor daging sapi, tetapi saya melarang masuknya daging sapi impor ke Jawa Timur," jelasnya.

Sementara pantauan awak media daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Kediri masih sangat mencukupi kebutuhan pasar.

Selain itu juga belum terjadi kenaikan konsumsi daging sapi termasuk harganya juga masih stabil.

"Biasanya kenaikan harga daging terjadi menjelang puasa atau hari raya," jelas Sumiati, salah satu pedagang daging.

Sejauh ini juga belum ada kenaikan permintaan daging sapi. Harganya juga masih belum terjadi kenaikan di kisaran Rp 100.000 per kg.

Baca juga: Sudah Sepekan Harga Daging Sapi Naik, Pedagang dan Konsumen di Lamongan Tidak Bergejolak

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved