Berita Lumajang

Gunung Semeru Kembali Muntah APG, Jarak Luncurnya Sampai 4 Kilometer

Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur kembali menunjukkan aktivitas vulkanik. Sekira pukul 03.55 gunung itu kali meluncurkan awan panas guguran (APG).

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Tangkapan layar video kamera CCTV BPBD Kabupaten Lumajang 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur kembali menunjukkan aktivitas vulkanik. Sekira pukul 03.55 gunung itu kali meluncurkan awan panas guguran (APG). Jarak luncur material tersebut mencapai 4 kilometer mengarah ke Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.

Aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terekam kamera CCTV BPBD Kabupaten Lumajang. Dari data Pusat Vulkanologi Mitugasi dan Bencana Geologi (PVMBG) getaran amplitudo APG 25 milimeter. Sedangkan lama durasinya sekitar 420 detik.

Visual Semeru ketika terjadi APG asap hitam tebal berterbangan di atas Puncak Jonggring Saloko. Asap itu membawa material vulkanik menyebar ke segala arah. Untungnya, hal tersebut tidak membuat hujan abu terjadi di desa-desa yang letaknya dekat lereng Gunung Semeru.

Baca juga: Bayi Perempuan Hidup Dibuang di Pekarangan Rumah Warga Jember, Kaki Dikerumuni Semut

Patria Dwi Hastiadi Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang mengatakan, aktivitas Semeru meningkat terjadi pada 5 hari terakhir. Sejak tanggal 19 Maret gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu sudah 4 kali meluncurkan APG.

"Status Semeru masih bertahan di level 3 siaga," kata Patria.

Warga diharapkan untuk tenang menyikapi gemuruh aktivitas Semeru. Yang diperlukan hanya meningkatkan kewaspadaan. Rekomendasi PVMBG warga sebaiknya tidak beraktivitas apapun di sekitar sektor tenggara Semeru. Tepatnya di sepanjang Besuk Kobokan. Sebab, aktivitas Semeru yang fluktuatif berpotensi meluncurkan sejauh 13 kilometer dari puncak kawah.

"Sebaiknya masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun pada jarak 500 meter dari tepi Sungai Besuk Kobokan," pungkasnya.

Kumpulan berita Lumajang terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved