Berita Pasuruan

Jokowi Kagumi Celengan Karakter Karya UMKM Binaan Pemkot Pasuruan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tertarik dengan salah satu kerajinan yang menjadi binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Galih Lintartika
Ketua Dekrasnada Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf saat mendampingi Presiden Jokowi melihat produk UMKM, celengan karakter dari Kota Pasuruan. 

Laporan waartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, SURYA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tertarik dengan salah satu kerajinan yang menjadi binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan.

Orang nomor satu di Indonesia itu tertarik dengan Celengan Karakter (Cakar) yang merupakan hasil kerajinan dari teman - teman narapidana di Lapas Pasuruan.

"Ketika lewat di stand Kota Pasuruan, saya langsung menyapa dan memperkenalkan diri, alhamdulillah Presiden berkenan meninjau stand kami," kata Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf.

Sekadar informasi, produk - produk UMKM Kota Pasuruan sedang mengikuti pameran Jakarta Internasional Handycraft Trade Fair (INACRAFT 2022).

Baca juga: Pamit Beri Makan Ikan Gurami di Kolam, Warga Tulungagung Tak Kunjung Pulang, Ending Bernasib Pilu

Ini adalah pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, yang digelar 23-27 Maret 2022 di Jakarta Conventation Centre (JCC).

Dalam kunjungan presiden yang singkat itu, kata Fatma, presiden sempat menanyakan celengan kertas itu karena bentuknya yang unik.

Menurut dia, Presiden juga sempat menanyakan proses pembuatan celengan karakter itu. Ia pun mengaku menjelaskannya secara detail.

"Pak Jokowi tertarik dengan celengan itu. Saya sampaikan, bahan celengan itu dari kertas koran bekas yang dilinting rapi, di lem, digambar, diberi cat," paparnya.

Istri Walikota Pasuruan Gus Ipul ini berharap kunjungan Presiden ke stand UMKM Kota Pasuruan menjadi momentum kebangkitan UMKM Kota Pasuruan.

Minimal, kata dia, Presiden sudah mengetahui produk UMKM Kota Pasuruan. Dan upaya Pemkot mengenalkan UMKM ke Indonesia menemukan titik terang.

"Dan semoga ekonomi kreatif di Indonesia ini bangkit kembali, masyarakat semakin mencintai produk dalam negeri," lanjutnya.

Pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara ini 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN serta 150 toko secara daring. (lih)

Kumpulan berita Pasuruan terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved