Berita Lamongan

Rukyatul Hilal di Lamongan, Hilal Tidak Terlihat, Ada Potensi Awal Ramadan 1443 H Tidak Sama

Hasil Rukyatul Hilal di Lamongan, hilal tidak terlihat karena terhalang mendung dan uap air, ada potensi awal Ramadan 1443 H tidak sama.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Hanif Manshuri
Tim Rukyatul Hilal di Tanjung Kodok Lamongan dalam menentukan awal Ramadan 2022, tidak melihat hilal pada Jumat (1/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Tim Rukyatul Hilal di Tanjung Kodok Lamongan dalam menentukan awal Ramadan 2022, tidak melihat hilal pada Jumat (1/4/2022).

Cuaca tidak mendukung, karena mendung. Adanya uap air juga menjadi penghalang tim Rukyatul Hilal di Lamongan untuk melihat hilal.

Itu berarti yang sejak awal melalui hisab tetap memulai 1 Ramadan pada Sabtu (2/4/2022), sementara yang mempercayai hasil Rukyatul Hilal di Tanjung Kodok Lamongan, akan melaksanakan puasa Ramadan pada Minggu (3/4/2022).

"Cuaca di Tanjung Kodok sebenarnya kurang mendukung, karena mendung dan ada uap air. Posisi ketinggian hilal sekitar 2,11 derajat, maka secara teoritis hilal tidak terlihat," kata Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Lamongan, Khoirul Anam kepada wartawan, Jumat (1/4/2022). 

Khoirul Anam menjelaskan, dengan tidak terlihatnya hilal tersebut, maka dengan demikian penetapan awal Ramadan diperkirakan jatuh pada Minggu (3/4/2022). 

Terkait penetapan Idul Fitri 1443 H secara resmi, Khoirul Anam mengatakan menunggu kepastian dari Sidang Isbat Menteri Agama RI yang dilaksanakan pada malam ini.

"Hilal tidak terlihat, maka puasa istikmal 30 hari. Ramadan 1443 H jatuh pada hari Minggu (3/4/2022)," ungkapnya.

Sesuai kriteria Neo MABIMS (Menteri Agama Brunei Darusalam, Indonesia, Malaysia, Singapura), kriteria imkanur rukyat atau minimal ketinggian hilal awal Ramadan 1443 H, yakni 3 derajat.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved