Mudik Lebaran 2022

Puncak Arus Balik, Terminal Bungurasih Masih Sepi Penumpang

Hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik, namun Terminal Purabaya di Bungurasih Sidoarjo masih terbilang sepi, Sabtu (7/5/2022).

Penulis: M Taufik | Editor: Taufiqur Rohman
Tribun Jatim Network/M Taufik
Suasana di Terminal Kedatangan Terminal Bus Purabaya di Bungurasih Sidoarjo 

Laporan Wartawan tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik dalam mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Namun sampai sore, Terminal Purabaya di Bungurasih Sidoarjo masih terbilang sepi, Sabtu (7/5/2022).

Terminal kedatangan memang banyak bus dari berbagai daerah masuk dan menurunkan penumpang. Namun jumlah tidak seberapa, tak jauh beda dengan Weekend di hari-hari biasa.

“Kalau dibandingkan pas mudik tahun-tahun sebelum pandemi, jumlah masih jauh. Ini terbilang sepi,” ujar beberapa pedagang di sekitar terminal.

Dicontohkan, saat dulu ketika arus balik sepeti ini untuk jalan aja harus berdesak-desakan di sekitaran terminal. Sementara sekarang, berbagai titik terlihat lengang.

Jumlah bus yang masuk terminal juga terbilang tidak seberapa. “Mungkin malam nanti atau hari Minggu besok baru penuh. Karena kan kerja baru masuk hari Senin depan,” kata seorang Scurity di terminal.

Di sisi kain, petugas terus memantau kondisi terminal di masa puncak arus balik ini. Bahkan, polisi juga menggelar tes urine kepada para sopir dan kru bus yang beroperasi di Bungurasih.

Sabtu siang, Satres Narkoba Polresta Sidoarjo bersama Biddokkes Polda Jawa Timur melakukan tes urine pengemudi bus di Posko Terpadu Terminal Purabaya, Bungurasih.

Tes urine dilakukan secara acak di terminal yang berada di Waru itu sampai 8 Mei 2022. Haru pertama tes urine ini, hasilnya tidak ada pengemudi maupun kru bus yang positif mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.

“Tes urine secara acak dilakukan dalam dua hari ini. Harapannya untuk memastikan pengemudi dan kru bus yang melayani perjalanan mudik, dalam kondisi sehat dan tidak terindikasi penggunaan narkoba,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro.

Jika ada sopir bus atau kru yang positi, polisi akan langsung kordinasi dengan pihak PO bus agar yang bersangkutan tidak melanjutkan perjalanannya. Dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satres Narkoba Polresta Sidoarjo.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved