Berita Politik

Jelang Pilpres 2024, PSI Muncul 9 Nama Kandidat Calon, Ada Sosok dari Jawa Timur Juga

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus melakukan penggodokan figur yang akan mereka dukung di Pilpres 2024 sebagai suksesor Jokowi mendatang. Prose

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Politisi PSI Surabaya Tjutjuk Supariono 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus melakukan penggodokan figur yang akan mereka dukung di Pilpres 2024 sebagai suksesor Jokowi mendatang.

Proses ini dilakukan melalui program rembuk rakyat dengan memunculkan 9 kandidat. Program ini juga melibatkan masyarakat yang dapat memberikan polling hingga November mendatang.

Sembilan kandidat tersebut terdiri dari sejumlah nama beken.

Di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menkopolhukam Machfud MD hingga masuknya nama Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Baca juga: Jelang Tahapan Pemilu 2024, KPU Jatim Pastikan Kemantapan Persiapan

Wakil Ketua DPW PSI Jawa Timur, Tjutjuk Supariono mengatakan, program yang telah diumumkan beberapa bulan lalu itu menjadi cerminan demokrasi.

Sehingga, pihaknya meminta kepada jajaran pengurus termasuk di daerah untuk terus menyampaikan program ini kepada masyarakat. "Kita minta semua kader untuk mempromosikan," kata Tjutjuk dikonfirmasi, Rabu (11/5/2022).

Politisi yang juga anggota DPRD Kota Surabaya itu mengungkapkan, sementara ini DPW PSI Jawa Timur belum memutuskan dukungan secara resmi. Hal ini berbeda dengan pengurus PSI di provinsi lain yang telah menentukan pilihan.

Misalnya, DPW PSI Jawa Barat yang telah menyatakan akan memperjuangkan Ridwal Kamil. Termasuk DPW PSI Jawa Tengah sejauh ini menyatakan mendukung Ganjar Pranowo.

Menurut Tjutjuk, pihaknya di Jawa Timur perlu mendengarkan masukan dari berbagai pengurus daerah. Apalagi, diantara kandidat itu diketahui terdapat putra daerah Jawa Timur. Di tingkat daerah pun, disebut masih dinamis.

"DPW masih akan mendengarkan masukan dulu untuk memutuskan sikap DPW sendiri," jelasnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha beberapa waktu lalu mengumumkan nama-nama hasil penjaringan partainya.

Mereka menemukan sembilan nama yang cocok sebagai pengganti Presiden Jokowi untuk memimpin Indonesia ke depan di Pilpres 2024. Agenda ini dinamakan PSI 'Rembuk Rakyat Mencari Penerus Jokowi'.

"Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, Sri Mulyani Indrawati," urai Giring akhir Februari lalu, dikutip dari Tribunnews.com

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved