Berita Otomotif

8 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Pulang dari Mudik, Ada Minyak Rem Sampai Kolong Mobil

Libur lebaran telah usai dan waktunya kembali beraktivitas seperti biasa. Namun demikian, ada baiknya, mobil yang baru saja digunakan dalam perjalanan

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Mekanik Auto2000 saat sedang menservis mobil milik konsumen. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Libur lebaran telah usai dan waktunya kembali beraktivitas seperti biasa.

Namun demikian, ada baiknya, mobil yang baru saja digunakan dalam perjalanan panjang mudik untuk terlebih dahulu diperiksa kembali, supaya performanya tetap prima ketika akan digunakan lagi dalam mobilitas sehari-hari.

Berikut beberapa komponen yang bisa dipertimbangkan untuk dicek performanya ala Auto2000.

1. Ban Mobil

Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui, juga muatan mobil yang maksimal, membuat ban bekerja lebih ekstra.

"Baiknya lakukan pengecekan, dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban. Bersihkan kerikil yang menempel. Kemudian lihat tanda keausan ban dan segera ganti jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek," jelas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, Jumat (13/5/22).

2. Bersihkan Kolong Mobil dan Cek Komponennya

Pria yang akrab disapa Nur Imansyah itu juga menghimbau, agar jangan lewatkan bagian kolong mobil, yang mana agar dibersihkan dari kotoran dan supaya mudah diperiksa.

"Jadi perlu juga untuk cek shock absorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem. Kondisi kampas rem cakram bisa dilihat langsung, sedangkan rem tromol dapat memperhatikan dinding teromol rem," imbuhnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved