Berita Nganjuk

Tumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini, Perpusda Nganjuk Kenalkan Macam Buku hingga Akses Online

Upaya menumbuhkan dan memotivasi minat baca anak sejak dini intensif dilakukan Perpustakaan Daerah (Perusda) Kabupaten Nganjuk.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Petugas Perpusda Nganjuk memberikan penjelasan tentang koleksi buku kepada siswa sekolah TK saat berkunjung ke Perpusda Nganjuk. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Upaya menumbuhkan dan memotivasi minat baca anak sejak dini intensif dilakukan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Nganjuk.

Hal itu dilakukan dengan mengundang dan mengenalkan berbagai macam jenis buku dan membacakan salah satu buku cerita.

Kepala Seksi Layanan Dinas Kearsipan Kabupaten Nganjuk, Eka Dasa Warsani, Perpusda Nganjuk memiliki koleksi buku sebanyak kurang lebih 28 ribu buku.

Buku tersebut digolongkan berdasarkan karya umum, pengetahuan alam, agama, dan lain sebagainya. Kemungkinan peminat pembaca adalah anak-anak, sehingga disediakan juga buku bergambar.

“Tidak hanya anak TK, tetapi SD, SMP, dan masyarakat umum yang ingin membaca dipersilahkan mengunjungi perpustakaan Nganjuk," kata Eka Dasa Warsani, kemarin.

Dikatakan Eka, bagi masyarakat yang ingin membaca buku, Perpusda Nganjuk juga menyediakan layanan membaca buku secara online atau e-book. Di mana dengan aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk akses buku melalui gawai.

"Dengan demikian, para pembaca tidak perlu repot datang ke perpustakaan Kabupaten Nganjuk tetapi bisa secara online," ucap Eka.

Disamping itu, ungkap Eka, pihaknya berpesan kepada para wali murid untuk membiasakan membacakan buku-buku cerita/dongeng agar nanti putra putrinya suka membaca.

Dengan demikian, pada usia tersebut anak-anak dapat membentuk kesiapan dirinya untuk menghadapi masa sekolah dan masa depannya.

"Untuk itulah, mari kita ajak dan biasakan anak-anak gemar membaca buku perpustakaan dalam rangka memperkaya ilmu pengetahuanya," tutur Eka. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved