Berita Otomotif

Uji Emisi Gas Buang Buat Mobil Irit Bahan Bakar? Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan dari Auto2000

Uji emisi gas buang bisa membuat mobil lebih irit bahan bakar? Mitos atau fakta? Ini penjelasan dari Auto2000.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Mekanik Auto2000 saat sedang melakukan uji emisi pada mobil Toyota milik konsumen, Kamis (23/6/2022). Uji emisi gas buang bisa membuat mobil lebih irit bahan bakar? Mitos atau fakta? Ini penjelasan dari Auto2000. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mobil yang irit bensin menjadi favorit para pengguna kendaraan, karena dapat meringankan biaya operasional. Bahkan, banyak orang yang rela melakukan modifikasi pada kendaraan untuk menekan konsumsi bahan bakar.

Padahal, langkah ini bisa berpotensi membuat komponen mobil, khususnya mesin mengalami gangguan, menurunkan daya tahan kendaraan, dan risiko hilangnya garansi mobil.

Melihat fakta tersebut, Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, sebenarnya ada cara yang lebih aman dalam membantu mengefisiensi konsumsi bahan bakar.

Namun sebelumnya, kata dia, pastikan pemilik mobil, khususnya pelanggan Auto2000 (AutoFamily) sudah menerapkan prinsip mengemudi eco driving.

"Karena apapun upaya yang dijalankan tidak akan membuahkan hasil optimal, bila gaya berkendara di jalan masih tak terkontrol dan agresif," ujar Nur Imansyah Tara, Kamis (23/6/2022).

Perihal uji emisi gas buang sebagai solusi hemat bensin, ia menjelaskan, langkah sederhana yang AutoFamily dapat jalankan adalah uji emisi gas buang kendaraan.

"Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuan uji emisi di antaranya adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar mobil Toyota milik AutoFamily. Semakin efisien mesin, tentu akan mengurangi konsumsi BBM," imbuh dia.

Dikatakannya pula, di bengkel Auto2000, uji emisi gas buang mobil merupakan bagian dari prosedur standar servis berkala.

"Jadi kesimpulannya, melalui uji emsisi, teknisi Auto2000 dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mobil, di mana jika kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan, data tersebut merupakan indikator adanya komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa untuk dicarikan solusinya, seperti mengatur setelan mesin atau mengganti komponen dengan yang baru," jelasnya.

Bahkan, meskipun tidak ada kerusakan, tahapan uji emisi setidaknya bisa memastikan mesin selalu dalam kondisi prima guna mencapai tingkat efisiensi terbaik.

Itu karena, uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar yang dimanfaatkan sudah sesuai, dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin agar dapat bekerja optimal.

Dengan mengetahui kinerja terbaik mesin, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan menguntungkan, lantaran mesin tidak haus bensin.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Berita Otomotif

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved