Berita Pasuruan

Curhat Peternak Sapi Perah di Nongkojajar Hadapi PMK, Produksi Susu Merosot, Pengeluaran Membengkak

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak membawa dampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis susu sapi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
Ketua I Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan Nongkojajar Sulistyanto (rambut putih) saat mendampingi Plh Gubernur Jawa Timur Emil Dardak meninjau vaksinasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak membawa dampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis susu sapi.

Ketua I Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan Nongkojajar Sulistyanto mengatakan, produksi susu peternak drop, turun, dan mampet saat wabah PMK ini.

"Ini sangat berdampak sekali. Produksi susu sapi anggota koperasi sangat merosot dan ini membuat perekonomian tidak stabil," katanya, Kamis (7/7/2022).

Dia menjelaskan, kondisi ini sudah diatasi dengan pencegahan dan pengobatan sapi tertular PMK. Namun, biayanya tidak murah.

"Baik yang dikeluarkan koperasi, peternaknya sendiri, dan Pemerintah, bahkan dibantu pihak-pihak terkait yang juga tidak sedikit," lanjutnya.

Harapannya, kata dia, sapi bisa cepat sembuh agar produksi susu kembali normal. "Wabah ini sudah menyebar sampai ke peternakan ini akhir April kemarin," urainya.

Baca juga: Dulu Belinya Rp 15 Juta, Sapi Juara Milik Warga Probolinggo Ditebus Rp 100 Juta oleh Presiden Jokowi

Ia juga bersyukur karena ada tindakan cepat darurat oleh Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten. "Semuanya tanggap darurat, secara bersama-sama," urainya.

Namun, ia menyebut, pemulihan produksi ini butuh waktu dan biaya besar, untuk itu butuh gotongroyong semua pihak, menangani wabah ini. 

"Vaksinasi PMK tahap I, sudah dikerjakan sejak tgl 24 Juni sampai hari ini terakhir. semoga kekebalan tubuh sapi cepat tumbuh untuk melawan virus PMK ini," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved