Berita Otomotif

Jelang Musim Kemarau, 3 Bagian Motor Ini Perlu Perhatian Khusus, Ada Ban Hingga Filter Udara

Ilham Wahyudi selaku General Manager Service & Sparepart Yamaha STSJ juga menyebut perawatan sangat penting guna menjaga kondisi kendaraan tetap prima

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Pengguna Yamaha Fazzio saat berkendara di tengah teriknya matahari. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menjelang puncak musim kemarau yang diprediksi terjadi pada Agustus, PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku distributor motor dan suku cadang motor Yamaha terbesar di Indonesia Timur memberikan himbauan kepada seluruh konsumen untuk melakukan perawatan pada kendaraan bermotornya.

Ilham Wahyudi selaku General Manager Service & Sparepart Yamaha STSJ menyebut perawatan sangat penting dilakukan guna menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

“Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan saat musim kemarau seperti ini. Tujuannya tentu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengendaranya,” ungkap Ilham pada TribunJatim.com. Rabu (13/7/22) di Yamaha Basuki Rahmat.

Langkah pertama yang harus diperhatikan oleh pengguna kendaraan roda dua adalah kondisi ban.

"Cek kondisi ban, karena suhu panas dapat mempengaruhi bahan karet yang bisa membuat ban jadi lebih cepat getas dan teksturnya jadi pecah-pecah. Apabila kondisi ban terlihat retak, konsumen dianjurkan untuk mengganti dengan ban yang baru," kata Ilham terkait langkah pertama yang perlu diperhatikan pada bagian motor saat musim kemarau telah tiba.

Selanjutnya, periksa kondisi rantai motor. "Kondisi cuaca yang panas bisa membuat pelumas rantai kendaran menjadi kering lebih cepat. Hal ini dapat membuat kinerja rantai menurun dan membuat rantai mengeluarkan bunyi kasar," ujarnya.

Adapun yang terakhir adalah filter udara, yang mana merupakan salah satu komponen yang tidak boleh luput dari perhatian.

Sebab, debu diruang terbuka akan semakin banyak saat musim kemarau. Hal ini berpotensi membuat filter udara akan lebih cepat kotor.

"Untuk lebih mudahnya, segera saja kunjungi bengkel resmi Yamaha terdekat untuk mendapatkan perawatan dari teknisi handal Yamaha," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved