Berita Situbondo

Tak Sempat Kabur, Gerombolan Pemuda di Situbondo Terjaring Razia Balap Liar, Polisi Beri Efek Jera

Tim gabungan Kepolisian Situbondo, menggelar razia balap liar. Hasilnnya, dalam dua malam polisi berhasil menjaring 19 sepeda motor

Penulis: Izi Hartono | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/IZI HARTONO
Belasan motor hasil razia balap liar di Situbondo 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Izi Hartono

TRIBUNJATIM.COM.SITUBONDO - Tim gabungan Kepolisian Situbondo, menggelar razia balap liar. Hasilnnya, dalam dua malam polisi berhasil menjaring 19 sepeda motor yang diduga akan melakukan balap liar.

Akibatnya, belasan motor terpaksa diangkut dan dibawa polisi ke Mapolres Situbondo,  karena pemilik motor tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat surat kendaraanya.

Sebelumnya, polisi mendapat informasi gerombolan pemuda yang diduga akan melakukan aksi balapan liar. Kedatangan polisi di lokasi membuat para pemuda yang diduga melakukan adu motor itu kaget dan tidak dapat melarikan diri.

Sehinga polisi dengan mudah menangkap para pemuda tersebut. Selanjutnya polisi melakukan pemeriksaan baik kelengkapan surat pengemudi SIM, STNK dan juga kelengkapan kendaraan TNKB (plat nomor), kaca spion, ban dan knalpot.

Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya mengatakan, kegiatan razia oleh personel gabungan ini bertujuan untuk memberantas kegiatan balap liar yang selama ini meresahkan masyarakat di wilayah Situbondo.

Baca juga: Dipakai untuk Balap Liar, Belasan Motor Disita Polisi Sampang, Bisa Kembali Asal Penuhi 1 Syarat

"Selain itu razia ini dilakukan guna untuk mencegah kecelakaan dan melindungi keselamatan para remaja," ujar AKBP Andi Sinjaya.

Sasaran razia, kata mantan Kapolres Engrekang, Sulawesi Selatan ini, yaitu di lokasi yang sering dijadikan ajang balap liar, diantaranya Jalan Pemuda (depan Taman Makam Pahlawan), Jalan Argopuro dan Jalan PB. Sudirman serta lokasi lainnya yang biasa dijadiakan tempat nongkrong para anak muda.

“Sebelumnnya kita mengamankan 13 unit sepeda motor. Dalam kegiatan razia tadi malam, petugas kembali berhasil mengamankan 6 sepeda motor. Jadi dalam dua hari ini sudah diamankan 19 unit sepeda motor serta penindakan Tilang sebanyak 30 kali," jelasnya.

Untuk itu, sambung Andi, pihaknya  berharap dengan dilaksanakannya patroli setiap malam tidak ada lagi masyarakat,  terutama remaja dan pemuda yang melakukan aksi balap liar.

Baca juga: Balap Liar di Tuban Kocar-kacir saat Polisi Datang, Jokinya Kabur hingga Semak Belukar

Karena hal tersebut dapat membahayakan bagi keselamatan pengendara bahkan berujung kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Situbondo, terutama para orang tua membantu mengawasi anak-anaknya. Sampaikan agar patuhi aturan lalu lintas, jangan terlibat balap liar karena membahayankan diri sendiri dan meresahkan warga sekitar,” harapnya.

Untuk menberikan efek jera, pihaknya memberikan sanksi berupa tilang.

"Bagi mereka yang ingin mengambil motor diwajibkan menunjukkan surat-surat kelengkapan motornya serta harus mengembalikan sepeda motornya dengan spesifikasi standar yang sesuai ditetapkan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved