Pastikan Peternakan Bebas PMK, Greenfields Konsisten Sediakan Susu Sapi Segar yang Sehat dan Aman

Pastikan peternakan bebas PMK, PT Greenfields Indonesia konsisten menyediakan susu sapi segar yang sehat dan aman dikonsumsi.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Melalui Surat Keterangan Nomor 524.3/7875/122.3/2022 yang dikeluarkan oleh Otoritas Veteriner Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Peternakan Sapi Perah PT Greenfields Indonesia dinyatakan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Senin (25/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Melalui Surat Keterangan Nomor 524.3/7875/122.3/2022 yang dikeluarkan oleh Otoritas Veteriner Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Peternakan Sapi Perah PT Greenfields Indonesia dinyatakan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut dikatakan oleh General Manager Farms, PT Greenfields Indonesia, Richard Slaney.

"Berdasarkan SK dari Otoritas Veteriner Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, produk susu sapi segar dan produk turunan susu Greenfields dinyatakan bebas dari PMK dan aman dikonsumsi," ungkap Richard Slaney, Senin (25/7/2022).

Ia menjelaskan, selain memastikan semua sapi dalam kondisi sehat, Greenfields juga menerapkan proses pasteurisasi dan UHT dalam proses sterilisasi susu segar agar bisa dikonsumsi dengan aman dan tahan lama.

"Proses pasteurisasi adalah metode menonaktifkan patogen pada susu, termasuk virus dengan cara memanaskan susu. Susu dipasteurisasi dengan pemanasan pada suhu 125 derajat Celsius selama 4 detik. Sementara UHT (Ultra High Temperature) adalah metode sterilisasi susu dengan cara memanaskan susu dengan suhu yang sangat tinggi, yaitu 137 derajat Celcius selama 4 detik," jelasnya.

PT Greenfields Indonesia juga telah mendapatkan Sertifikat Food Safety System Certification 22000 (FSSC 22000 v 5.1). Semua produk Greenfields hanya menggunakan susu segar yang berasal dari peternakan Greenfields sendiri yang terintegrasi.

“Peternakan PT Greenfields Indonesia menerapkan prosedur biosecurity yang sangat ketat. Ini termasuk penyemprotan disinfektan semua bagian kendaraan dari atas ke bawah, hanya truk dan mobil yang diberikan izin yang boleh masuk, semua kendaraan telah melalui proses pembersihan tambahan, kontrol yang sangat ketat juga diterapkan terhadap kendaraan pengangkut tangki susu. Semua pakaian wajib dalam keadaan bersih termasuk alas kaki yang digunakan setiap harinya oleh semua pekerja. Tidak diperkenankan ada pengunjung dari luar yang datang. Setiap potensi transmisi dari pakaian kotor, ban, dan pakan ditangani dengan ketat,” jelasnya.

Dikatakannya pula, secara gabungan, Greenfields Farm 1 dan Farm 2 memiliki populasi sapi lebih dari 16.000 ekor. Tim dokter hewan Greenfields secara rutin bekerja dalam memastikan semua sapi dalam kondisi sehat dan produk dairy yang dihasilkan layak dan aman untuk konsumsi.

Greenfields secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada sapi-sapi di semua peternakan. Berbagai upaya seperti pemberian vitamin, vaksinasi rutin, perawatan kuku sapi secara berkala, kebersihan lingkungan peternakan, dan penyediaan kebutuhan pakan berkualitas dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya masalah kesehatan pada sapi.

Hal ini membantu PT Greenfields Indonesia untuk bisa terus menjaga kualitas produk susu dan produk turunan susu yang aman dan layak dikonsumsi, serta terjaganya pasokan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Greenfields juga sudah melakukan program vaksinasi PMK secara mandiri kepada semua ternak di kedua peternakannya.

Ia menegaskan, sebagai ahli produk susu dan produk olahan susu, Greenfields selalu menyediakan susu sapi segar untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia.

"Karena itu, kami pun terus bekerja keras untuk memastikan sapi kami sehat dan produk kami aman dan layak dikonsumsi oleh konsumen. Berdasarkan laporan kejadian PMK berbasis Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional Terintegrasi (iSIKHNAS) dan hasil uji laboratorium terhadap tujuh sampel produk susu dari peternakan kami menggunakan metode Real Time PCR terhadap Penyakit Mulut dan Kuku, Greenfields Farm 1 dan Farm 2 secara resmi telah dinyatakan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku,” tutup Richard.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved