Berita Politik

Pengamat Baca Makna Khusus Pertemuan Puan Maharani-Surya Paloh, Bakal Terjadi Koalisi di Pilpres?

Pengamat membaca ada makna khusus dari pertemuan antara Puan Maharani dan Surya Paloh.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
Istimewa/ Dokumentasi Nasdem
Momen Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memeluk Ketua DPP PDIP Puan Maharani di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PDI Perjuangan memulai rangkaian safari politik dengan menggelar pertemuan bersama Partai NasDem di Jakarta, Senin (22/8/2022) kemarin.

Selain silaturahmi, pertemuan yang dilakukan kedua elit parpol itu juga dianggap menyiratkan peta politik masih dinamis.

Pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Ikhsan Rosidi menilai, dari pertemuan Puan Maharani dan Surya Paloh itu setidaknya memang menunjukkan jika konstelasi politik saat ini masih relatif cair.

Apalagi, besar peluang safari politik PDIP masih akan berlanjut dalam rangka penjajakan. "Menurut saya, konstelasi politik sekarang ini masih sangat cair utamanya terkait capres dan sebagainya," kata Ikhsan, Selasa (23/8/2022).

Sekalipun beberapa parpol telah menyatakan gerbong koalisi dan diprediksi akan ada banyak poros nantinya, namun Ikhsan menilai jika peta politik saat ini masih cair. Apalagi Pemilu 2024 masih relatif lama. Belum lagi, manuver PDIP yang dianggap masih akan banyak dilirik parpol lain.

Baca juga: Gelar Deklarasi di 6 Daerah di Jatim, Relawan Puan Maharani Kawal Cucu Proklamator Maju Pilpres 2024

Sebagai partai pemenang Pemilu 2019 dan mengantongi tiket di Pilpres mendatang, langkah partai banteng moncong putih sedikit banyak bakal mempengaruhi konstelasi. Ikhsan menilai parpol cenderung menunggu langkah PDIP. Meskipun saat ini ada sejumlah gerbong koalisi, namun belum ada calon yang resmi dimunculkan.

"Jadi, kecenderungannya parpol yang ada masih menunggu apa yang akan dilakukan PDIP. Karena, PDIP satu-satunya parpol yang memenuhi syarat untuk mencalonkan sendiri," terangnya.

Ikhsan melanjutkan, peta politik tanah air memang menarik untuk diikuti.

Sebab, dari pengalaman kontestasi sebelumnya, konstelasi politik rentan berubah termasuk di menit-menit akhir nantinya. Sehingga, diyakini bakal banyak kejutan sebelum Pilpres 2024. "Jadi, tentu menarik untuk dinantikan," tambahnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved