Berita Lumajang

Diduga Timbun Solar Bersubsidi, Warga Lumajang Diciduk Polisi, 500 Liter Solar Diamankan

Diduga menimbun Solar bersubsidi, warga Lumajang diciduk polisi di SPBU Ranuyoso, 500 liter Solar diamankan petugas.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Tony Hermawan
Diduga untuk menimbun solar, tandon di bak pickup berisi Solar diamankan di Polres Lumajang, Jumat (2/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Samsul Efendi diringkus polisi saat hendak membeli Solar di SPBU kawasan Ranuyoso, Lumajang, Jumat (2/9/2022).

Warga asal Kecamatan Ranuyoso, itu ditangkap polisi atas tuduhan pengangkutan, penimbunan, serta penjualan ilegal Solar bersubsidi.

Saat beraksi, Samsul menggunakan mobil pickup. Di dalam bak pickup itulah Samsul menyediakan dua tandon air berukuran besar. 

Saat Samsul ditangkap polisi, satu tandon itu sudah terisi penuh Solar. Jumlahnya ada sekitar 500 liter.

Rencananya jika semua tandon sudah terisi Solar, akan dibawa ke luar kota untuk dijual dengan harga yang lebih mahal. Namun, niatnya gagal karena sudah diciduk polisi.

Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, Samsul ditangkap karena dinilai melanggar tata niaga migas. Bentuk pelanggarannya yakni membeli bahan bakar bersubsidi untuk dijual kembali. Hal ini dilarang karena bisa menyebabkan penyaluran bahan bakar bersubsidi tidak tepat sasaran.

"Sesuai dengan pasal 40 nomor 9 Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan perubahan atas Pasal 55 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2021 tentang Minyak Gas dan Bumi, perbuatannya sudah melanggar hukum," kata AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Samsul saat ini tengah ditahan oleh tim penyidik. Polisi akan memastikan apakah Samsul pelaku tunggal atau tergabung dalam sindikat.

"Kami juga akan melakukan pemeriksaan pihak SPBU. Kalau terbukti ada pembiaran, kami akan laporkan ke Hiswana Migas agar diberi sanksi," pungkas AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Lumajang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved