Berita Nganjuk

Antisipasi Penyakit Scabies, Puskesmas di Nganjuk Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Antisipasi penyakit scabies, puskesmas di Nganjuk ajak masyarakat jaga kebersihan lingkungan, terutama di kawasan padat penghuni.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Ilustrasi kulit terkena penyakit scabies (gudik/kudis) - Antisipasi penyakit scabies, puskesmas di Nganjuk ajak masyarakat jaga kebersihan lingkungan, terutama di kawasan padat penghuni. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Puskesmas di Kabupaten Nganjuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan untuk mengantisipasi penyakit scabies (gudik/kudis).

Hal ini dikarenakan penyakit scabies bisa muncul akibat kurang bersihnya lingkungan sekitar.

Petugas Medis Puskesmas Baron Kabupaten Nganjuk, dr Ifa Susiana mengatakan, scabies atau gudik merupakan penyakit kulit yang biasanya terjadi di tempat yang dihuni banyak orang atau secara kolektif. Di mana di tempat tersebut mengabaikan kebersihan, sehingga menyebabkan scabies muncul dan mudah menular ke orang lain.

"Penyakit scabies itu merupakan penyakit kulit yang biasanya ada di kalangan yang tinggal di asrama, pondok pesantren, panti jompo, penjara dan lainnya. Penyebabnya berasal oleh hewan kutu/tungau dan penyakit ini menular," kata dr Ifa Susiana dalam talkshow di Radio Suara Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Kamis (15/9/2022).

Dikatakan Ifa Susiana, gejala yang ditimbulkan penyakit scabies yakni adanya rasa gatal di sela jari, ketiak depan, area bawah payudara, area pusar, atau daerah selangkangan.

Tungau atau kutu tersebut mampu bersarang di bawah kulit ari manusia dan menyerap makanan dari manusia. Hal itu dapat berisiko terkena infeksi sekunder jika tidak cepat dilakukan pengobatan.

Untuk menghindari penyakit tersebut, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan, baik di dalam maupun di luar rumah.

"Terlebih jika tinggal dengan banyak orang, maka harus ekstra hati-hati dalam menjaga kebersihan, karena itu sangat penting," ucap Ifa Susiana.

Selain itu, ungkap Ifa Susiana, juga harus dilakukan pembersihan barang-barang yang dekat, seperti selimut dan handuk terlebih dahulu direndam dengan air hangat sebelum dicuci. Kemudian jika sudah terlanjur terkena penyakit scabies atau gudik, maka penderita bisa datang langsung ke faskes terdekat untuk konsultasi dan penanganannya.

"Silakan masyarakat bisa datang langsung ke faskes terdekat dan penderita bisa diarahkan bagaimana langkah penanganan penyakti scabies tersebut," tutur Ifa Susiana.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved