Berita Lamongan

Awas Hangus! Ribuan KPM di Lamongan Belum Ambil Jatah BLT BBM

Selama dua pekan sejak dimulainya penyaluran BLT BBM di Lamongan, ternyata masih ada ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum mengambil jatah

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/HANIF MANSHURI
Para KPM yang sedang mencairkan BLT BBM, Senin (19/9/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN  - Selama dua pekan sejak dimulainya penyaluran BLT BBM di Lamongan, ternyata masih ada ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum mengambil jatah yang digelontor oleh pemerintah.

Diketahui ribuan KPM yang belum juga mengambil BLT BBM tersebut karena ada berbagai kendala dari KPM itu sendiri.

Dari data yang dihimpun di PT. Pos Indonesia Cabang Lamongan menunjukkan, masih ada sebanyak  2.945 KPM belum mengambil jatah berupa uang tunai total Rp 500 ribu, dengan rincian Rp 300 ribu BLT BBM dan Rp 200 ribu BPNT/reguler.

"Sejauh ini tersalur 97 persen dari total 88 ribu KPM, dan 2.945 KPM belum mengambil," ungkap Satgas BLT BBM Pos Indonesia Cabang Lamongan, Agus Harianto, Senin (19/9/2022).

Menurut Agus, masa pencairan BLT ini ada masa berakhirnya, jika sampai dead line pencairan BLT tidak juga diambil maka ada resiko hangus.

Meski begitu, sesuai amanat Presiden mengenai percepatan penyaluran BLT BBM, pihaknya akan melakukan asesmen lapangan. 

"Nanti yang belum mengambil kita seleksi, ada yang sakit, ada yang sudah tua, nanti kita visit (berkunjung) ke rumah yang bersangkutan," ujarnya.

Dari laporan yang diterima melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), kata Agus, ada beberapa KPM yang memang berhalangan  karena berbagai sebab, mulai dari kendala umur, sakit, hingga bepergian.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lamongan, Hamdani Azhari menargetkan  proses penyaluran BLT BBM bisa dirampungkan pada pekan depan.

"Pekan depan Insyaallah rampung, sudah kordinasi dengan TKSK terkait asesmen dan PT. Pos Indonesia agar bisa jemput bola," ungkap  Hamdani.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved