Berita Surabaya

Penasehat Hukum Mas Bechi Protes Jaksa Diduga Tak Hadirkan Saksi Kunci

Penasehat hukum (PH) terdakwa I Gede Pasek Suardika mengaku, sempat menyampaikan keberatan kepada Majelis Hakim.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/Luhur Pambudi
Penasihat hukum terdakwa kasus dugaan pencabulan santri putri di ponpes Jombang, Moch Subchi Al Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (41), I Gede Pasek Suardika saat ditemui di Pengadilan Negeri Surabaya, Jumat (16/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sidang lanjutan pemeriksaan saksi atas terdakwa Mas Bechi (41) kasus dugaan pemerkosaan santriwati kembali digelar di PN Surabaya, Kamis (22/9/2022).

Dalam sidang tersebut, Penasehat hukum (PH) terdakwa I Gede Pasek Suardika mengaku, sempat menyampaikan keberatan kepada Majelis Hakim.

Pasalnya, pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang tersebut, tidak mendatangkan, seorang saksi yang dianggap sebagai kunci atas dakwaan terhadap Mas Bechi

Sejak awal, pihak PH terdakwa sudah meminta pada jaksa dan hakim agar menghadirkan satu saksi yang ada dalam dakwaan. 

Sebab, menurut I Gede Pasek, seorang saksi ini, disebutnya mengetahui persis soal adanya dugaan rekayasa kasus yang menjerat kliennya itu.

"Kami kecewa sejak awal hadir, saksi yang dibalik semua kasus ini untuk mengungkap motif sudah dipanggil JPU, tapi tidak mau hadir dengan 3 alasan. Ada hubungan keluarga, sakit, dan karena dia juga membuat laporan polisi 2021 yang tidak ada kaitannya dengan kasus ini," ujarnya seusai sidang di depan Ruang Sidang Cakra. 

I Gede Pasek menghendaki datangnya saksi kunci tersebut. Karena, keterangan dari saksi yang dimaksud, bakal membuka semua motif dugaan kasus kekerasan seksual tersebut, yang dianggapnya sarat akan unsur rekayasa. 

"Kita ingin buka motifnya, karena saksi ini ada dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Hakim dan JPU sepakat tidak menghadirkan," katanya. 

Poin keberatan akan hal tersebut; tidak hadirnya satu saksi JPU itu, sudah diajukan secara lisan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved