Honda DBL with KFC 2022

Smasa Blitar Cetak Sejarah, Pertama Kali Tim Putri Tembus Final Honda DBL with KFC 2022 Seri Jatim

Smasa Blitar (SMAN 1 Blitar) cetak sejarah, tim putri tembus final Honda DBL with KFC 2022 Seri Jatim untuk pertama kali.

Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Sejarah baru diukir oleh tim putri SMAN 1 Blitar. Para srikandi Smasa Blitar berhasil memastikan tiket lolos ke final party Honda DBL with KFC 2022 East Java Championship Series, usai menundukkan SMA St Louis 1 Surabaya dengan keunggulan tipis 56-54, di DBL Arena Surabaya, Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejarah baru diukir oleh tim putri SMAN 1 Blitar. Para srikandi Smasa Blitar berhasil memastikan tiket lolos ke final party Honda DBL with KFC 2022 East Java Championship Series, usai menundukkan SMA St Louis 1 Surabaya dengan keunggulan tipis 56-54, di DBL Arena Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Di final party Seri Jatim yang akan berlangsung pada Sabtu (1/10/2022) mendatang, putri Smasa Blitar akan menantang juara bertahan Seri Jatim dua musim berturut-turut, SMA Gloria 1 Surabaya.

Tiket final diraih Gloria 1 setelah menang 74-46 atas SMAN 8 Malang.

Ini adalah pencapaian luar biasa bagi putri Smasa Blitar. Karena untuk kali pertama sepanjang keikutsertaan mereka pada liga basket pelajar terbesar Seri Jatim ini, akhirnya berhasil melenggang hingga ke fase puncak. Setelah pencapaian tertinggi mereka sebelumnya hanya puas hingga semifinal Seri Jatim. Yakni, pada edisi 2019 dan 2021 kemarin.

Hebatnya lagi, kepastian putri Smasa Blitar lolos ke final party musim ini sekaligus membalas revans. Atas kekalahan yang mereka telan dari putri Sinlui pada semifinal musim 2021 kemarin. Ketika itu ambisi mereka lolos ke final pupus setelah dipaksa menyerah 54-66 oleh Sinlui pada semifinal yang dilangsungkan di GOR Pancasila, 18 November 2021.

Cindy Amelia kembali menjadi dalang kemenangan Smasa Blitar. Berkat aksi menembak dua angka saat waktu menyisahkan dua detik, dirinya berani menembak dekat dengan ring meskipun terdapat Lynn Louise, center kokoh dari Sinlui.

Tiga pemain dari Smasa Blitar mampu mencetak dua digit poin dalam laga kali ini. Clarissa Aureliya tampil gahar dengan membukukan double-double melalui kontribusi 24 poin dan 10 rebound. Disusul oleh Cindy yang mengemas 16 poin, serta Nathania Callysta dengan 10 poin. Persentase akurasi free throw putri Smasa Blitar juga luar biasa pada laga ini berada pada angka 83 persen.

 “Engga nyangka, soalnya bolanya kayak engga masuk tapi kok masuk,” kata Cindy Amelia usai laga.

Meski begitu, dirinya juga merasa sangat senang karena mencatatkan sejarah baru bagi tim basket sekolahnya dengan melaju ke final party Honda DBL with KFC 2022 East Java Championship Series.

Sinlui maupun Smasa Blitar sejatinya berstatus runner-up region masing-masing yang bertemu di partai semifinal. Duel kedua tim juga berlangsung sengit dan ketat. Sejatinya Sinlui berhasil unggul pada periode awal. Selepas turun minum justru Smasa Blitar mulai mengejar. Kejadian tersebut menjadikan pertandingan semakin panas berkat saling berbalas angka.

Smasa Blitar berhasil memastikan tiket lolos ke final party Honda DBL with KFC 2022 East Java Championship Series, usai menundukkan SMA St Louis 1 Surabaya dengan keunggulan tipis 56-54, di DBL Arena Surabaya, Rabu (28/9/2022).
Smasa Blitar berhasil memastikan tiket lolos ke final party Honda DBL with KFC 2022 East Java Championship Series, usai menundukkan SMA St Louis 1 Surabaya dengan keunggulan tipis 56-54, di DBL Arena Surabaya, Rabu (28/9/2022). (Istimewa/TribunJatim.com)

Smasa Blitar yang mampu menyamakan kedudukan dan berbalik unggul sempat dibuat senam jantung karena keberhasilan Lynn Louise yang mampu memasukkan bola dari bawah ring. Tembakan ini membawa skor sama kuat 54-54. Sebelum akhirnya Cindy memastikan keunggulan melalui tembakan dua poin saat laga tersisa dua detik.

Lolos ke final party, putri Smasa Blitar punya potensi membuat sejarah baru seandainya mereka berhasil keluar sebagai champion Seri Jatim pada 1 Oktober nanti.

Tak hanya memutus ambisi putri Gloria 1 yang mengejar three-peat alias juara tiga musim beruntun. Jika berhasil keluar sebagai juara, mereka akan menyamai catatan tim putra SMAN 1 Blitar yang pernah mengangkat gelar bergengsi pada edisi 2016 silam.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved