Berita Jatim

Kembali Digelar Setelah Dua Tahun Vakum, Bela Negara di Trenggalek Diikuti Puluhan Warga

Pemkab Trenggalek kembali menggelar pendidikan dan pelatihan bela negara setelah dua tahun vakum lantaran Pandemi Covid-19.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Pemkab Trenggalek Kembali Gelar Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara selama Dua Hari yang Diikuti oleh 75 orang dari Unsur Organisasi Kepemudaan, Pelajar Setingkat SMA sederajat, Mahasiswa maupun Ormas. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek kembali menggelar pendidikan dan pelatihan bela negara setelah dua tahun vakum lantaran Pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara menyampaikan bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara sesuai amanah Undang-undang dasar 1945 pasal 27 ayat 3.

"Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara," kata Syah Muhamad Natanegara saat membuka pendidikan dan pelatihan bela negara di Balai Diklat Kabupaten Trenggalek, Senin (5/12/2022).

Bela negara menurut Syah penting ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku berbangsa dan bernegara.

Selain itu bela negara merupakan ajang membentuk revolusi mental dan membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitasnya dinamika ancaman keamanan negara dan mewujudkan ketahanan nasional.

"Dalam aspek menjaga keamanan dan pertahanan tentunya semua elemen masyarakat harus berpartisipasi, bersatu padu dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara sesuai fungsi dan kewenangannya masing-masing," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Trenggalek, Widarsono menambahkan kegiatan pendidikan dan pelatihan bela negara diagendakan setiap tahun.

"2 tahun kemarin tidak kita gelar karena masih dalam suasana Pandemi Covid 19. Mulai tahun ini kita kembali gelar. Semoga bisa kita gelar untuk tahun-tahun berikutnya," tuturnya.

Bela negara tersebut akan digelar selama dua hari yang diikuti oleh 75 orang dari unsur organisasi kepemudaan, pelajar setingkat SMA sederajat, Mahasiswa maupun ormas.

Baca juga: Gelar Apel Kwarda Jatim, Khofifah Kuatkan Semangat Kebangsaan dan Bela Negara Anggota Pramuka


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved