Berita Jatim

Jelang Pilkades Serentak, Polres Kediri Temukan Kotak Suara Tak Bersegel, Apa Penyebabnya?

Memasuki masa pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar di Kabupaten Kediri, petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Januar
Istimewa/ Polres Kediri
Polres Kediri bersama para petugas gabungan melakukan sidak dan patroli ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terkait kesiapan Pilkades serentak. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Memasuki masa pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar di Kabupaten Kediri, petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Polres Kediri bersama petugas gabungan berpatroli ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan tidak ada indikasi kecurangan.

Dalam sidak kali ini, petugas gabungan menemukan adanya kotak suara tanpa segel yang berlokasi di salah satu desa di Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

"Benar, kami menemukan adanya kotak suara tanpa segel di salah satu TPS saat patroli kemarin," kata Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho, Rabu (7/12/2022).

Kotak suara tanpa segel tersebut ditemukan langsung oleh Kapolres Kediri ketika tengah melakukan pengecekan bersama Pejabat Sekretaris Kabupaten Kediri Adi Suwignyo.

"Kotak suara tanpa segel tersebut kami temukan di antara tumpukan kotak suara lain. Hanya satu yang tanpa segel. Sedang enam kotak suara lain diketahui bersegel lengkap," jelasnya.

Terkait temuan ini, Kapolres Kediri kemudian membagi petugas gabungan menjadi tiga kelompok. Masing-masing di antaranya bertugas untuk mengecek logistik, panitia pemilihan serta kesiapan Pilkades sendiri.

Ia juga mengimbau pada panitia di masing-masing desa untuk meningkatkan keamanan pemilihan kali ini. Tujuannya supaya meminimalisir adanya indikasi kecurangan.

"Kami berharap Pilkades serentak ini bisa berjalan lancar dan aman. Tidak ada hal-hal tak diinginkan yang terjadi. Untuk itu kami juga akan bantu pantau terus pelaksanannya," pungkasnya.

Baca juga: Sebanyak 23 Desa di Ponorogo Gelar Pilkades Serentak, Ribuan Personel Dikerahkan Jaga Kondusivitas

 


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved