TribunJatim/

Dirjen Imigrasi Ungkap Hilangnya 40 Orang Jemaah Haji Indonesia, Ibadah Usai Tapi Tak Kembali

Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mengungkap hal tak terduga ini terkait keberadaan jemaah haji yang 'hilang' di Arab Saudi.

Dirjen Imigrasi Ungkap Hilangnya 40 Orang Jemaah Haji Indonesia, Ibadah Usai Tapi Tak Kembali
TribunJatim/ manik priyo prabowo
Jemaah haji debarkasi Surabaya saat tiba menginjakkan kaki di bandara Juanda, Kamis (7/9/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM RI, Dr Ronny F Sompie SH MH mengatakan pengawasan terhadap tenaga kerja asing lebih fokus dilakukan oleh Kementrian Tenaga Kerja.

"Tugas Dirjen Imigrasi hanya sebatas mengawasi izin yang mereka miliki. Begitu pula bagi WNI yang berangkat menjadi tenaga kerja di luar negeri," ujarnya, Selasa (31/10/2017) saat memberikan kuliah tamu di Universitas Brawijaya, Malang.

Menurut Ronny, paspor sebagai identitas WNI ketika berada di luar negeri bisa dicabut jika mereka melakukan hal yang membahayakan bagi dirinya dan orang lain.

Delapan Jemaah Haji asal Jatim Masih Kancrit dan Ditinggal di Mekah, Begini Penyebabnya

Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM RI, Ronny F Sompie menerima cinderamata dari Wakil Dekan 1 FH Universitas Brawijaya, Dr Prija Jatmika SH MH, Selasa (31/10/2017).
Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM RI, Ronny F Sompie menerima cinderamata dari Wakil Dekan 1 FH Universitas Brawijaya, Dr Prija Jatmika SH MH, Selasa (31/10/2017). (SURYA/NENENG USWATUN HASANAH)

Inilah Identitas Delapan Jemaah Haji Asal Jatim yang Ditinggal di Mekah

Dia juga menyebut, bahwa sampai saat ini ada 4.000 pemohon paspor yang ditunda pengeluaran paspornya dalam rangka pemberian perlindungan sesuai kebijakan Dirjen Imigrasi.

Karena paspor bukan semata-mata sebagai hak, tujuan penggunaan paspor itu juga harus jelas.

"Jika untuk bekerja, syaratnya harus lengkap dan sesuai syarat serta ketentuan yang ada," tegasnya.

Hal itu dinilai penting, karena tidak sedikit warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri, tapi mereka tidak mengantongi visa pekerja.

Main Threesome Sepuasnya Bareng Dua Cewek di Kamar Hotel, Pria ini Hanya Disuruh Bayar Segini

Halaman
12
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help