TribunJatim/

Serahkan Lahan Perhutani ke Petani, Jokowi Beri Sindiran yang Bikin Tak Berkutik ini

Jokowi menyampaikan pesan khusus ke para petani agar memanfaatkan hutan sosial yang diberikan Perhutani. Bukannya malah sebaliknya.

Serahkan Lahan Perhutani ke Petani, Jokowi Beri Sindiran yang Bikin Tak Berkutik ini
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Presiden Jokowi saat menyerahkan SK pemanfaatan hutan sosial dari Perhutani ke petani untuk dimanfaatkan lahannya, Kamis (2/11/2017) siang, di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan khusus kepada para petani agar memanfaatkan hutan sosial yang sudah diberikan pihak Perhutani melalui Surat Keputusan (SK) atau surat izin.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara penyerahan surat izin penggunaan lahan Perhutani seluas 2.000 hektar lebih di Probolinggo, Jember, dan Lumajang, Kamis (2/11/2017) siang, di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Jokowi hadir didampingi Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Probolinggo P Tantriana Sari, Direktur BUMN, dan para undangan lain.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh kelompok tani (poktan) yang akan memanfaatkan lahan perhutani ini.

Meski Presiden, Undangan Pernikahan Kahiyang Putri Jokowi Sangat Sederhana dan Bikin Salfok

Hutan Sosial ini program baru yang bertujuan untuk mensejahterakan para petani dan memberikan kesempatan mereka untuk memaksimalkan potensi pertanian.

Sistemnya, petani mendapatkan lahan milik Perhutani dengan sistem pinjam pakai. Masa peminjaman ini selama 35 tahun. Petani boleh mengeksplorasi apapun kemampuannya dengan lahan itu.

Semisal pertanian petani berhasil, maka bukan tidak mungkin lahan ini akan dipinjamkan kembali oleh Perhutani dengan 35 tahun ke depan.

Tentunya keputusan ini harus disertai dengan SK dari Menteri Lingkungan Hidup yang juga diketahui Presiden.

Bandara Juanda Berlakukan Parkir Progresif, Inilah Rincian Tarif Terbaru untuk Motor dan Mobil

Halaman
123
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help