611 Makam di Desa Muneng Probolinggo Dipindahkan, Ini Alasan Pemindahannya. . .

Hari ini, makam umum di Desa Muneng Kidul dibebaskan. Makam ini masuk dalam rencana pembangunan Tol Paspro dan terpaksa harus dipindahkan.

611 Makam di Desa Muneng Probolinggo Dipindahkan, Ini Alasan Pemindahannya. . .
Surya/Galih Lintartika
PERCEPATAN : Makam di Desa Muneng Kidul dipindahkan ke tanah baru. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) terus dikebut.

Hari ini, makam umum di Desa Muneng Kidul, Probolinggo dibebaskan. Makam ini masuk dalam rencana pembangunan Tol Paspro dan terpaksa harus dipindahkan.

Akhirnya, pihak Kementrian PUPR pun membebaskan makam dengan luas sekira 2.321 hektar lebih tersebut.

Di lokasi ini, ada sekitar 611 makam. Ada empat bidang tanah milik warga yang dibeli dan dijadikan sebagai tanah pengganti makam tersebut.

Tidak ada perubahan dan semuanya sesuai dengan ketentuan. Semua makam dipindahkan ke makam pengganti yang sudah dibeli dan ditentukan.

Untuk membeli tanah pengganti, Kementrian PUPR mengucurkan anggaran sekitar Rp 3,3 miliar. Proses ini terbilang baru dan sangat cepat.

Jadi, makam bukan menjadi persoalan atau hambatan dalam proses pembangunan sebuah PSN khususnya Jalan Tol.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Paspro Agus Minarno mengatakan, pembangunan Tol Paspro ini memang melewati beberapa bangunan seperti masjid, sekolah, atau bahkan makam. Namun, kata dia, hal itu bukan menjadi sebuah hambatan atau persoalan.

"Semuanya kan sudah diatur dalam undang-undang dan pasti ada ketentuannya. Nah, tinggal menerapkannya saja. Ini terbilang baru di Jawa Timur, pembebasan lahan makam dan dipindahkan ke tanah penggantinya," katanya kepada Surya.

Agus, sapaan akrabnya, menjelaskan, meski sudah diatur dalam peraturan resmi, namun prosedur penerapannya tidak boleh sembarang.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help