Satu Keluarga Warga Kota Madiun Positif Difteri

Satu keluarga, terdiri dari seorang ibu dan dua orang anak warga Kota Madiun dinyatakan positif difteri.

Satu Keluarga Warga Kota Madiun Positif Difteri
(Surya/Rahadian bagus)
RSUD dr.Soedono Kota Madiun menggelar press conference terkait kasus difteri. 

 TRIBUNJATIM.COM,MADIUN - Satu keluarga, terdiri dari seorang ibu dan dua orang anak warga Kota Madiun dinyatakan positif difteri.

Saat ini, ketiganya masih menjalani perawatan di ruang isolasi khusus bagi penderita difteri di RSUD dr Soedono, Kota Madiun.

Direktur RSUD dr. Soedono, dr. Bangun Trapsila Purwaka, menuturkan tiga pasien yang terkena difteri ini berinisial SS berusia 36 tahun, serta dua anaknya ER berusia 14 tahun, dan MU berusia 12 tahun.

Bangun menuturkan, kasus difteri di Madiun muncul sejak awal Januari 2018 lalu. Awalnya, ada lima pasien yang diduga terkena difteri sebanyak lima orang. Tetapi kelima pasien tersebut dinyatakan negatif difteri setelah dilakukan uji lab.

Baru kemudian, pada Jumat (26/1/2018) minggu lalu, ada tiga orang yang mengidap difteri. Sebelumnya, ketiga orang ini telah dirawat di RSUD Sogaten Kota Madiun.

Baca: Video Mesumnya Viral, Gadis Ini Jalani Prostitusi Online dari SMP, Simak Kodenya Untuk Pelanggan

Namun, karena ruang dan tenaga medis yang terbatas, sehingga ketiga pasien difteri itu dirujuk ke RSUD dr. Soedono.

"Jadi ada delapan kasus. Lima dinyatakan negatif dan tiga pasien dinyatakan positif difteri," kata Dirut RSUD dr. Soedono, ini kepada wartawan, Kamis (1/2/2018).

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr. Soedono, dr. R. Sjaiful Anwar, menuturkan ketiganya awalnya tidak memiliki tanda-tanda luar seperti orang yang suspect difteri. Ketiganya hanya mengeluh sakit pada tenggorokan.

Pada awalnya, mereka memeriksakan kesehatan ke Puskesmas Manguharjo, kemudian dirujuk ke RSUD Kota Madiun dan akhirnya dirawat di RSUD dr. Soedono.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help