Sambut Lebaran, Smartfren Siapkan Tim Tanggap Darurat dan Optimasi Jaringan

Regional Network Operation & Maintenance East Java Smartfren mengatakan, jelang Lebaran semua operator seluler akan mengalami lonjakan.

Sambut Lebaran, Smartfren Siapkan Tim Tanggap Darurat dan Optimasi Jaringan
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Regional Cluster Support North East Java, Imam Bukori dalam acara Media Gathering Smartfren di Garden Palace, Senin (4/6/2018). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2018, PT Smartfren Telecom Tbk menyiapkan beberapa strategi untuk menjaga kestabilan jaringan.

Regional Network Operation & Maintenance East Java Smartfren, Gede Dede W mengatakan, menjelang Lebaran semua operator seluler akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

"Untuk itu, kami dari pihak Smartfren akan melakukan langkah optimasi jaringan untuk mendukung kenyamanan pelanggan. Serta mempersiapkan tim tanggap darurat 7 hari menjelang dan 7 hari setelah Lebaran," ujarnya pada acara Media Gathering di Garden Palace Surabaya, Senin (4/6/2018).

Dikatakan Gede, tim tersebut bertujuan untuk antisipasi apabila terjadi gangguan sinyal baik di sepanjang jalur mudik maupun pusat keramaian.

Smartfren Hadirkan Paket Samsung Unlimited, Begini Cara Aktivasinya )

"Selain itu, Smartfren juga terus melakukan pemantauan melalui Network Operation Centre yang berada di Jakarta dan Surabaya," imbuhnya.

Menurut Dede, titik diprediksi akan mengalami peningkatan traffic jaringan di area Jawa Timur adalah Tol Pandaan - Malang, Tol Suramadu, dan Pelabuhan Banyuwangi.

Selain itu, kota kota wisata juga diperkirakan mengalami lonjakan traffic jaringan. Seperti Malang, Batu, Madura, Jember, Lamongan.

"Melihat pengalaman tahun lalu, lonjakan data yang tertinggi berada di Madiun, Jember, dan Madura. Peningkatanya sekitar 20 persen," jelasnya.

Samsung Bersinergi dengan Smartfren Lewat Bundling Samsung J Series )

Kendati begitu, untuk mengantisipasi lonjakan data pada jaringan, pihaknya menambah jumlah BTS di area Jawa Timur, Bali, dan Lombok.

"Hingga per hari ini, kami sudah menambah 2.400 BTS di wilayah tersebut. Penambahan BTS itu kami utamakan di jalur mudik," imbuhnya.

Sementara khusus wilayah Surabaya dan Malang, dikatakan Gede, Smartfren melakukan strategi densifikasi. Yakni, menambahkan BTS dalam jarak yang lebih dekat.

"Kami menggunakan teknologi TDD untuk meningkatkan kapasitas data hingga 25 persen," tukasnya.

Mau HP 4G Cuma Rp 300 Ribuan? Cobain Nih Smartfren Andromax Prime, Feature Phone Murah dan Lengkap! )

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help