Home »

Tuban

Jelang Lebaran, 50 Sopir dan Kondektur di Tuban Mendadak Dites Urine Oleh BNN

Semua kendaraan angkutan umum diberhentikan di pos terminal Kambang Putih Tuban, sopir dan kru langsung gelapan saat dites urine.

Jelang Lebaran, 50 Sopir dan Kondektur di Tuban Mendadak Dites Urine Oleh BNN
SURYA/M SUDARSONO
Petugas gabungan BNNK dan Satreskoba Polres Tuban saat minta sopir bus melakukan tes urine di Terminal Tipe A Kambang Putih Tuban, Selasa (5/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Satu per satu kendaraan angkutan umum berhenti di pos tes urine yang berada di terminal tipe A Kambang Putih Tuban, Selasa (5/6/2018), pagi.

Para awak bus, mulai sopir, kondektur dan kernet menuju pos tes urine yang disediakan petugas gabungan, dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, dan Sat Narkoba Polres Tuban.

Sebelum tes urine, mereka mengisi daftar nama yang telah disediakan, selanjutnya menuju toilet untuk uji sampel.

"Ya kita lakukan tes urine untuk awak bus, baik sopir, kondektur dan kernet kita tes semua. Ini untuk memastikan tidak ada yang menggunakan zat narkoba," kata Kepala BNNK Tuban AKBP Made Arjana, kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Tak hanya pasrah dengan awak bus yang datang ke pos tes urine, petugas gabungan tersebut juga memeriksa kendaraan yang berhenti.

Petugas mulai menyisir barang-barang bawaan yang dibawa penumpang, dan mengecek setiap sudut yang dicurigai terdapat narkoba, serta membuka bagasi tempat penyimpanan barang.

"Kita cek semua, ada 50 bus kita cek, kami tidak ingin ada awak bus yang membahayakan penumpang. Apalagi menjelang lebaran," ujarnya.

Ditambahkan Made, dari hasil uji urine 50 awak bus, tidak ditemukan pengguna narkoba atau zat terlarang lainnya. Semua masih dalam kondisi aman.

"Tidak ada yang positif narkoba, itu justru bagus," terangnya.

Selain memeriksa kendaraan bus, petugas juga melakukan tes urine bagi pengemudi dan kernet truk, namun tidak semua, melainkan selektif.

"Untuk truk tidak semua, hanya ada beberapa tadi," tegas Made. (Surya/Nok)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help