Home »

Tuban

Lebaran 2018

PMI Jamin Kebutuhan Darah Tuban Aman hingga Jelang Lebaran

Menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H, PMI memastikan ketersediaan stok darah aman hingga masuk lebaran.

PMI Jamin Kebutuhan Darah Tuban Aman hingga Jelang Lebaran
IBTimes UK
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H, PMI Kabupaten Tuban memastikan ketersediaan stok darah aman hingga memasuki lebaran.

Berdasarkan kalender Masehi, lebaran Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat, (15/6/2018) nanti.

Saat ini, stok darah secara keseluruhan di kantor PMI sebanyak 181 kantong, dengan rincian Golongan A 46 kantong, Golongan B 42 kantong, Golongan AB 4 kantong, dan Golongan O sebanyak 89 kantong darah.

Kasubid Pencari dan Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Tuban, Agus Hardjunadi mengatakan, stok darah aman hingga mendekati lebaran.

"Aman stoknya, sudah ada ratusan kantong darah, ini bisa digunakan sampai mendekati lebaran," ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/6/2018).

Agus menjelaskan, jika di bulan ramadan ini jumlah pendonor darah cenderung menurun dibandingkan dengan bulan-bulan seperti biasanya.

Namun demikian, stok darah di PMI Tuban tidak pernah telat, bahkan cukup untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah di Kecamatan luar Tuban. Seperti di Kecamatan Paciran dan Babat, Lamongan.

"Kalau untuk mencukupi kebutuhan di wilayah Tuban masih cukup, bahkan kita juga bantu kecamatan lain di luar Tuban," bebernya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, untuk menjaga agar stok darah selalu aman, terlebih mendekati lebaran, pihaknya terus melakukan donor darah dibeberapa tempat lainnya.

"Kita jemput bola juga, kita tidak diam di tempat, melainkan menggelar donor di tempat lain," tegasnya. (Surya/Nok)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help