Asyiknya Belajar Sambil Berwisata di Kampung Naga Tasikmalaya

Lokasi Kampung Naga berjarak sekitar 30Km dari pusat Kota Tasikmalaya, sedangkan dari pusat Kota Garut sekitar 36 Km.

Asyiknya Belajar Sambil Berwisata di Kampung Naga Tasikmalaya
istimewa
Suasana di Kampung Naga 

TRIBUNJATIM.COM - Jika anda tengah berkunjung di jawa barat. Ada salah 1 objek wisata budaya yang sayang untuk dilewatkan. Adalah Kampung naga di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Lokasi Kampung Naga berjarak sekitar 30Km dari pusat Kota Tasikmalaya, sedangkan dari pusat Kota Garut sekitar 36 Km. 

Untuk menuju ke Kampung Naga, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun 4 dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam.

Usai tiba di Desa Neglasari, pengunjung masih harus berjalan menuruni sekitar 439 anak tangga karena lokasinya yang berada jauh dibawah tebing.

Baca: Pasca Libur Lebaran, Kecamatan Tambaksari Gelar Operasi Yustisi untuk Para Pendatang Baru

Cukup menguras tenaga untuk bisa sampai ke Kampung naga. Namun, pengunjung tak perlu khawatir. Rasa lelah pun terbayar lunas oleh keindahan hutan yang asri, hamparan sawah terasering dan gemericik air sungai ciwulan yang mengalir jernih di sisi jalan setapak menuju kampung naga.

Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern masyarakat kota Tasikmalaya, ternyata penduduk di kampung naga yang berjumlah 313 orang ini masih memegang teguh adat-istiadat dan kepercayaan nenek moyangnya.

Bagaimana tidak, puluhan tahun mereka hidup berdampingan tanpa adanya aliran listrik yang masuk ke kampung. 

Pun demikian dengan gas LPG untuk memasak, warga tetap bertahan dengan menggunakan tungku.

Namun uniknya, tak ada aturan dalam berbusana, larangan pendidikan maupun penggunaan elektronik dalam kehidupan masyarakat di Kampung ini. 

"Anak-anak disini tetap sekolah seperti anak-anak lain pada umumnya. Beberapa rumah juga ada televisi tapi menggunakan Aki, "Ujar Sahyan, satu di antara seorang sesepuh di Kampung Naga, seperti yang tercantum dalam rilis yang diterima TribunJatim.com, Kamis (21/6/2018).

Halaman
123
Penulis: Januar Adi Sagita
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help