Polisi Datangi Warga Pemilik Arapaima Gigas di Jombang

Jajaran Polsek Ngoro Jombang mendatangi pemilik ikan predator Arapaima gigas yang dipelihara seorang warga di Dusun Ketanen

Polisi Datangi Warga Pemilik Arapaima Gigas di Jombang
SURYA/MOHAMMAD ROMADONI
Warga saat beramai-ramai menangkap ikan Arapaima di aliran Sungai Brantas di Kelurahan Sinoman, Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto, Senin (2/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Jajaran Polsek Ngoro Jombang mendatangi pemilik ikan predator Arapaima gigas yang dipelihara seorang warga di Dusun Ketanen, Desa Banyuarang, kecamatan setempat, Senin (2/7/2018).

Ini menyusul surat edaran BKIPM (Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan) bernomor 636/BKIPM/VI/2018 tanggal 29 Juni 2018. Yakni tentang keberadaan ikan yang berasal dari Sungai Amazone Amerika selatan itu.

Kedatangan petugas langsung disambut oleh Masudin (46), pemilik ikan raksasa itu. Mereka kemudian melihat langsung kolam yang digunakan memelihara lima ekot Arapaima gigas.

Masudin kemudian memasukkan beberapa ekor ikan lele untuk disantap ikan predator tersebut. Kepada polisi, Masudin juga menerangkan secara panjang lebar tentang Arapaima gigas yang sudah ia pelihara sejak 2013.

Baca: Geger Ikan Arapaima, Begini Pengakuan Pemilik, Terkuak Tempat Penjualan di Surabaya Sampai Harga


"Awalnya saya memiliki sembilan ekor Arapaima. Namun sekarang tinggal lima ekor. Yang empat ekor mati," ujar Masudin, yanbg dikenal sebagai terapis saraf telinga dengan panggilan akrab Mister Masudin tersebut.

Kapolsek Ngoro AKP Achmad Choiruddin mengatakan, kedatangannya ke tempat Masudin sekadar melakukan pendataan. Karena sejak sepekan terakhir ini ramai pemberitaan tentang ikan asal Sungai Amazone tersebut.

Di tengah santernya kabar tersebut, dia mendengar di wilayahnya ada warga yang memelihara ikan purba itu. Itu pula sebab, dia turun ke lapangan untuk membuktikan kebenaran kabar tersebut.

Baca: Siti Badriah Hadir di Nikahan Adzana Bing Slamet, Sosok Pria yang Digandengnya Jadi Sorotan, Siapa?

"Sekadar melakukan pendataan. Selanjutnya, kami melakukan koordinasi dengan isntansi terkait, dalam hal ini Dinas Perikanan," kata Choiruddin sembari menunjuk lima ekor ikan Arapaima di kolam berkedalaman 1,5 meter milik Masudin.

Disinggung apakah polisi akan menyita ikan tersebut, Choiruddin kembali menegaskan kedatangannya hanya mendata.

"Sekedar pendataan. Kebetulan keberadaan kolam ikan Arapaima ini di wilayah saya," ulang Choirudin.(Surya/sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved