Kampus di Surabaya

Baito Deling 001 Kapal Berbahan Bambu yang Bisa Tekan Biaya Produksi Hingga 60 Persen

Heri Supomo merupakan inventor dan Ketua Tim Baito Deling Research yang baru saja diluncurkan dan diuji coba laut oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baito Deling 001 Kapal Berbahan Bambu yang Bisa Tekan Biaya Produksi Hingga 60 Persen
ISTIMEWA
Heri Supomo inventor dan Ketua Tim Baito Deling Research ITS 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Triana Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Heri Supomo merupakan inventor dan Ketua Tim Baito Deling Research yang baru saja diluncurkan dan diuji coba laut oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Senin (2/7/2018)

Heri menjelaskan, kelangsungan industri kecil menengah (IKM) galangan kapal berbahan kayu menjadi tidak menentu akibat tingginya harga jual kayu di pasaran.

Hal ini disebabkan oleh penebangan liar yang tidak diiringi reboisasi dan berimbas pada meroketnya harga kapal kayu di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, melalui penelitian yang berlangsung sejak tahun 2012 ia menghadirkan sebuah terobosan baru penggunaan material bambu pada kapal tangkap ikan Baito Deling 001.

Baito Deling 001 Kapal Berbahan Bambu Bikinan ITS, Sebuah Pilihan di Tengah Mahalnya Kapal dari Kayu )

“Kapal ini mampu menekan biaya hingga 60 persen, menjadikan bambu sebagai material alternatif masa depan,” ujar Heri Supomo dosen Teknik Perkapalan, Senin (2/7/2018)

Ia menambahkan, bambu memiliki banyak keunggulan seperti potensinya yang melimpah, lebih murah, kekuatan tarik dan tekuk lebih besar dari kayu, masa panen 10 kali lebih cepat dibandingkan kayu.

Penggunaan bambu petung dan bambu ori dipilih karena nilai kuat tarik dan tekuk sebesar 180 MPa dan 84 MPa serta renggangan mencapai 8,93 persen, di mana lebih baik daripada kayu jati.

“Semakin terkena air laut bambu itu akan semakin kuat,” tambah pria yang produknya kini dilirik investor wisata itu.

Resmikan Kapal Bambu Laminasi Buatan ITS, Menteri Susi Semangat Mendayung Sendiri )

Kapal karyanya sendiri kapal Baiton Deling 001 memiliki panjang keseluruhan (LOA adalah 6 meter, lebar (B) 2,2 meter, tinggi (H) 0,8 meter, sarat (T) 0,35 meter, kecepatan kapal (Max) 7 Knot, dengan kapasitas 2 GT (gross tonnage).

Penulis: Triana Kusumaningrum
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help