Kisah Suharto Mantan Atlet Balap Sepeda Peraih Emas, Begini Nasibnya Seusai Tak Lagi Menarik Becak

Anda masih ingat dengan seorang mantan atlet balap sepeda nasional asal Surabaya, Jawa Timur, bernama Suharto? Begini kisah hidupnya.

Kisah Suharto Mantan Atlet Balap Sepeda Peraih Emas, Begini Nasibnya Seusai Tak Lagi Menarik Becak
Surya/Eben Haezer
Suharto 

TRIBUNJATIM.COM - Anda masih ingat dengan seorang mantan atlet balap sepeda nasional asal Surabaya, Jawa Timur, bernama Suharto?

Mantan pebalap yang kini berusia 59 tahun itu pernah merebut medali emas pada SEA Games 1979 di Malaysia untuk nomor Team Time Trial jarak 100 kilometer.

Bersama tiga rekannya saat itu, yakni Sutiono, Munawar Saleh, dan Dasrizal, tim balap sepeda Indonesia mampu mengalahkan pesaingnya, Malaysia dan Thailand, untuk merebut medali emas.

Dua tahun sebelumnya, di SEA Games 1977 yang berlangsung di Thailand, Suharto menyumbangkan dua medali perak untuk kontingen Merah Putih dari nomor jalan raya beregu dan perorangan.

Ia menceritakan bahwa kekuatan balap sepeda Indonesia pada era 1970-1980-an cukup disegani di kawasan Asia Tenggara.

Hebohkan Dunia dengan Menyusui Bayinya Saat Berjalan di Catwalk, Model ini Beri Pesan untuk Para Ibu

Kenangan menjadi juara SEA Games tidak pernah dilupakan Suharto.

Di kamar kos yang hanya berukuran 2 x 3 meter, Suharto menyimpan rapi seluruh medali dan piagam penghargaan yang pernah diperoleh dari berbagai ajang balapan nasional dan internasional.

Bapak tiga orang anak itu juga mengumpulkan kliping berita dari berbagai media cetak yang memuat keberhasilan tim balap Indonesia, termasuk juga foto bersama Presiden RI Soeharto.

"Semuanya masih saya simpan dan sekali waktu kalau kangen, saya buka lagi kliping-kliping itu," ujar pria kelahiran Surabaya pada 18 Februari 1952 itu.

Ini 2 Alasan Sebenarnya Novita Hilang dari Kehidupan Mas Pur di Sinetron Tukang Ojek Pengkolan

Suharto menuturkan, ketika berhasil merebut medali di ajang SEA Games, dia dan teman-temannya tidak pernah memperoleh bonus uang dari pemerintah, seperti yang diterima atlet-atlet nasional saat ini.

Halaman
1234
Penulis: Alga Wbisono
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved