Warga di Sidoarjo Capek, Dua Tahun Ngurus e-KTP Tapi Tak Kunjung Selesai

Sangat lama dan tak kunjung selesainya mengurus e-KTP hingga lebih dua tahun, membuat warga di Sidoarjo capek dan ngedumel.

Warga di Sidoarjo Capek, Dua Tahun Ngurus e-KTP Tapi Tak Kunjung Selesai
SURYA/M TAUFIK
Suasana pelayanan di Dispenduk Capil Sidoarjo. Selama ini, masih banyak warga yang mengurus e-KTP tapi tak kunjung tercetak KTP-nya. 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Bertahun-tahun persoalan e-KTP di Kabupaten Sidoarjo tak kunjung selesai. Keluhan atas pelayanan pembuatan KTP elektronik itu terus bermunculan dari berbagai kalangan.

Keluhan paling banyak masih seputar lamanya proses pengurusan. Warga yang sudah melakukan rekam e-KTP hanya mendapat surat keterangan (suket), dan KTP tak kunjung jadi setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

"Kok lama ya, sudah rekam tapi hanya diberi surat keterangan. Kata petugasnya enam bulan lagi KTP baru jadi, dan jika belum maka akan dapat surat keterangan lagi yang masa berlakunya juga enam bulan lagi," keluh Tina Dwi, warga yang mengurus e-KTP di Kecamatan Taman, Rabu (15/8/2018).

VIRAL - Motor Sport Tabrak Peserta Lari Surabaya Marathon, Terjadi Pertikaian, Lalu . . .

Dia sempat tanya ke beberapa tetangga dan teman, malah dapat cerita ada yang satu tahun belum jadi. Ada pula yang sampai dua tahun hanya membawa suket saja.

"Saya sudah satu setengah tahun lalu ngurus KTP. Sampai sekarang juga belum dapat KTP-nya, hanya dikasih surat keterangan," tukas Firdaus, juga warga Taman.

Tak jauh beda yang dialami Sukamto, warga Candi. Sudah sekitar satu tahun dia mengurus e-KTP, tapi sampai sekarang tak kunjung jadi. Setiap kali tanya ke petugas, katanya blanko habis.

"Sampai capek tanya-tanya terus. Tapi tidak jadi-jadi sampai sekarang," keluhnya.

Tiap Bulan Rutin Setubuhi Pacarnya yang Siswi SMA di Villa, Irsa Ganti Rasakan Pengap Penjara

Lebih parah yang dialami Rizal, warga Wonoayu. Sudah dua tahun terkahir dia hanya berbekal surat keterangan saja sebagai identitas. Persoalannya sama, sudah mengurus ke Kecamatan tapi KTP-nya tak kunjung jadi.

Di media sosial, keluhan terkiat lamanya pembuatan e-KTP juga banyak sekali diperbincangkan masyarkat Sidoarjo. Bahkan setiap kali ada yang bercerita tentang lamanya proses pembuatan KTP, selalu jadi viral.

Komentar-komentar netizen juga hampir sama. Menimpali keluhan warga yang tak kunjung dapat KTP, mereka juga ikut mengeluh karena sudah lama menunggu KTP yang sudah diurusnya tak kunjung selesai.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help