Bangunan Ponpes Al Azhar Gresik Roboh, Kapolda Jatim dan Ketua MUI Langsung Beraksi

Bangunan Ponpes Al Azhar Gresik Roboh, Kapolda Jatim dan Ketua MUI Langsung Beraksi dan Juga Terjun ke Lokasi.

Bangunan Ponpes Al Azhar Gresik Roboh, Kapolda Jatim dan Ketua MUI Langsung Beraksi
TRIBUNJATIM/SUGIYONO
Dari kiri: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Bukhori, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan berdoa agar musibah bangunan Ponpes Al Azhar Gresik yang roboh bisa segera diperbaiki, Rabu (28/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan langsung turun ke Ponpes Al Azhar Gresik yang berada di Jl PJKA Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik yang ambruk. Ini dilakukan untuk mengetahui penyebab robohnya bangunan dan agar pembangunan Ponpes bisa segera dibangun kembali. Tim Labfor juga akan didatangkan untuk menyelidiki robohnya bangunan ponpes tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, pihaknya tekah mendapatkan informasi adanya sebuah ponpes yang roboh dari Kapolres Gresik. Kemudian saat ada acara seminar dirinya menyampaikan kepada ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Bukhori untuk sama-sama melihat ke TKP secara langsung.

"Kami bersama dengan kiai dan habaib sedang berkumpul dan saya sampaikan ada salah satu Ponpes yang roboh. Sehingga kami bersama Ketua MUI Jatim melihat langsung kondisinya," kata Irjen Pol Luki, Rabu (28/11/2018).

9 Fraksi di DPRD Kompak Setujui APBD Jatim 2019 Sebesar Rp 33,4 Triliun, Ini Rincian Peruntukannya

Meski bangunan pondok roboh, Luki minta agar proses belajar mengajar para santri tidak terganggu. Sehingga dirinya berharap Kapolres, Bupati Gresik dan para tokoh masyarakat ikut membantu perbaikan ponpes.

"Nanti santrinya tetap bisa ditampung agar tidak kemana-mana. Kami juga meminta Pak Kapolres dan Pak Bupati tokoh-tokoh masyarakat lainnya untuk memperhatikan ini dengan sungguh-sungguh. Kami di Polda juga akan memberikan perhatian yang sama sehingga bisa digunakan kembali," tegasnya.

Terkait penanganan robohnya bangunan ponpes, Luki menilai sudah cukup bagus, sebab tidak ada korban jiwa.

"Penanganan ini sudah bagus. Pak Kiai melihat bangunan sudah miring, cepat mengambil tindakan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ucapnya.

Usaha Telur Puyuh Goreng Istrinya di Gresik Disaingi, Agus Kalap dan Langsung Tembak Tubuh Febrianto

Sementara itu, untuk memastikan penyebab robohnya bangunan tersebut, Polda Jatim juga akan menerjunkan tim labfor.

Pengasuh Ponpes Al Azhar Gresik KH Imam Bukhori menjelaskan, meski bangunan pondok roboh, kegiatan para santri masih tetap berlangsung dan dipindahkan di Ponpes lainnya.

"Ada 107 santri putri di Ponpes Boteng," ujarnya.

Kata Kiai Imam, sebelum bangunan ponpes roboh, sebenarnya kondisi bangunannya masih baik-baik saja. "Saya tanya langsung sama tukang, dan katanya semuanya baik-baik saja," imbuhya.

Husnia Tewas Usai Dilempar Bondet Orang Misterius di Pasuruan, Diduga Buntut Masalah Sama Suami Siri

Sementara itu, dalam kunjungan ke Ponpes Al Azhar Gresik, Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Bukhori memimpin doa agar musibah tersebut segera selesai dan pondok pesantren segera diperbaiki. (Sugiyono)

Penulis: Sugiyono
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved