Bermula Boneka Barbie Rusak, Yuyun Ciptakan Boneka Reog Gendang Jadi Cinderamata Khas Tulungagung

Bermula Dari Boneka Barbie Rusak, Yuyun Ciptakan Boneka Reog Gendang Jadi Cinderamata Khas Tulungagung.

Bermula Boneka Barbie Rusak, Yuyun Ciptakan Boneka Reog Gendang Jadi Cinderamata Khas Tulungagung
TRIBUNJATIM/DAVID YOHANES
Yuyun Handayani (34), warga Tulungagung dan boneka reog gendang hasil kreasinya. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Dengan cekatan Yuyun Handayani (34), warga Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung menempelkan sejumlah aksesoris di boneka kecil di tangannya. Matanya sangat teliti memasang setiap detail sekecil apapun di boneka plastik ini.

Beberapa saat kemudian, boneka di tangannya berubah layaknya Barbie yang sudah terkenal, namun mengenakan kostum reog gendang. Boneka Reog Gendang buatan Yuyun kini menjadi cindera mata yang tengah laris.

Maklum, ibu satu anak ini mengerjakan sendiri di sela kesibukannya. Jika tengah fokus membuatnya, Yuyun hanya bisa memroduksi empat boneka.

“Saya kan juga pelatih reog gendang di beberapa sekolah, mulai dari SD, SMP, SMK sampai instansi. Di sela melatih itu saya kerjakan ini (membuat boneka reog gendang),” terang Yuyun, Selasa (4/12/2018).

Pejabat Rumah Sakit di Malang Selingkuhi Stafnya, Suami Curiga dan Aib Kasusnya Terbongkar ke Publik

Yuyun berkisah, usahanya ini dimulai sekitar lima bulan lalu. Bermula dari boneka Barbie milik anaknya, Aira (9) yang rusak.

Boneka itu pakaiannya compang-camping dan sulit dibenahi. Karena pakaiannya tidak bisa dipasang lagi, Yuyun berpikir untuk mengganti yang baru.

Kemudian muncullah ide untuk menggantinya dengan pakaian reog gendang. Kebetulan orang tuanya adalah dedengkot kesenian reog gendang, yang juga memroduksi gendang serta kostumnya.

“Dari sisa kain pembuatan kostum itu saya buat kostum dengan ukuran yang lebih kecil. Aksesorisnya juga saya buat sama dengan kostum aslinya,” tutur Yuyun.

Ortu Pemilik Akun Puji Ati yang Jelekkan Para Pejabat di Tulungagung Takut Jenguk Wawan di Penjara

Kostum baru itu kemudian dipasang di boneka tersebut. Yuyun juga menyaggul rambut boneka, serta melengkapi dengan ikat kepala.

Ternyata boneka itu terlihat sangat cantik, mirip penari reog gendang khas Tulungagung. Iseng-iseng boneka Barbie berkostum reog gendang itu diunggah di media sosial.

Halaman
123
Penulis: David Yohanes
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved