Pemkab Lamongan Diundang KPK ke Jakarta Sebagai Pemilik Indeks Pencegahan Korupsi Terbaik

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang Pemkab Lamongan sebagai peserta eksibisi peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Jakarta.

Pemkab Lamongan Diundang KPK ke Jakarta Sebagai Pemilik Indeks Pencegahan Korupsi Terbaik
Istimewa
Pemkab Lamongan menjadi salah satub peserta eksebisi 'Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia' yang dibuka Presiden Joko Widodo pada Selasa (4/5/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Pemkab Lamongan dinilai menjadi pemerintah daerah dengan Indeks Pencegahan Korupsi terbaik di Indonesia.

Apresiasi itu didapat berdasar evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas Sistem Informasi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan.

Atas capaian tersebut, Pemkab Lamongan mendapat undangan istimewa untuk menjadi salah satu peserta dalam eksebisi peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diadakan KPK di Hotel Bidakara, Jakarta, pada 4-5 Desember 2018.

Inspektur pada Inspektorat Lamongan Agus Suyanto melalui Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan mengungkapkan, hanya ada 30 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang diberi kesempatan untuk menjadi peserta eksebisi yang dibuka Presiden Joko Widodo pada Selasa, (4/5/2018).

(Lahan PKL di Rumah Tua Jalan Sudiro Kota Batu Dieksekusi, PKL Tidak Bisa Berjualan dan Pasrah)

(Syahrini dan Reino Barack Ramai Dikabarkan Dekat, Aisyahrini Ungkap Fakta Sebenarnya)

Adapun lima pemerintah daerah yang turut diundang dalam eksebisi bersama Lamongan, yakni Kabupaten Badung, Boyolali, Purworejo dan Pemkot Denpasar.

Sedangkan pada tingkat Pemprov, hanya Jawa Tengah yang menjadi peserta eksibisi.

Agus menyebut, Pemkab Lamongan menjadi salah satu daerah dengan Indeks Pencegahan Korupsi terbaik karena memenuhi delapan indikator.

Yakni perencanaan dan penganggaran APBD yang terintegrasi dengan e planning dane budgeting,pengadaan barang dan jasa dalam organisasi mandiri yang didukung LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

Kemudian pelayanan terpadu satu pintu yang pendelegasian kewenangannya sudah satu atap, memiliki kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah yang cukup, penyaluran dana desa yang baik, optimalisasi pendapatan daerah, serta manajemen aset daerah yang baik.

"Booth milik Pemkab Lamongan menjadi salah satu favorit yang dikunjungi, termasuk oleh Bapak Presiden Joko Widodo," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved