BREAKING NEWS - Dua Warga Probolinggo Hanyut Terbawa Banjir dan Longsor

Sejumlah bangunan yang ada di Desa Andung Biru, Dusun Kedaton, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur diterjang banjir dan longsor, Senin

BREAKING NEWS - Dua Warga Probolinggo Hanyut Terbawa Banjir dan Longsor
(Surya/Galih Lintartika)
Dua warga Probolinggo hanyut terbawa banjir. Rumah warga Probolinggo diterjang banjir dan longsor 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Sejumlah bangunan yang ada di Desa Andung Biru, Dusun Kedaton, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur diterjang banjir dan longsor, Senin (10/12/2018) malam.

Dari data sementara yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, ada 11 bangunan yang mengalami kerusakan, mulai rusak parah, hingga berat.

Ada enam bangunan rumah rusak berat, satu rumah rusak ringan, musala rusak berat, tiga bangunan toko rusak. Selain itu, jembatan yang menghubungkan Dusun Kedaton dan Dusun Lawang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo juga putus akibat diterjang banjir dan longsor kali ini.

Tak hanya berdampak pada bangunan yang rusak, banjir dan longsor ini juga menghayutkan dua warga setempat. Satu orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan satu orang hilang. Saat ini, tim BPBD sedang melakukan proses pencarian.

Satu orang meninggal dunia adalah Siti Munawaroh (19) warga Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru. Sedangkan yang hilang dan belum ditemukan adalah Akbar Maulana (10).

Kejadian ini berawal dari hujan deras yang mengguyur kawasan lereng Gunung Argopuro ini sejak senin sore. Selanjutnya, setelah hujan deras, debit air di sungai ini naik dan menyebabkan air meluap dan longsor.

Lirik Lagu Jangan Marion Jola yang Dinyanyikan di MAMA 2018, Rajai Chart Musik Melon di Korea

"hujan deras kemarin, dari sore sampai malam. Akhirnya, malam sungainya meluap dan belasan rumah di sekitar sungai banyak yang jebol dindingnya, kalau tidak salah ada 5 rumah yang rusak parah,” kata Kepala Desa Tiris, Salim kepada TribunJatim.com.

Camat Tiris Robby mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa terdampak, BPBD Kabupaten Probolinggo dan instansi samping lainnya.

Pesan Kapten Arema FC Hamka Hamzah Untuk Sriwijaya FC dan Mitra Kukar, Jangan Lama-Lama di Liga 2

Selain banjir bandang, imbuh Robby, tanah longsor juga terjadi yang mengakibatkan jalan utama Tiris lumpuh tertimbun material longsoran.

“Kami masih melakukan pendataan, untuk data lengkapnya masih belum kami miliki. Sekarang petugas gabungan melakukan normalisasi dan pembersihan material sisa banjir di lokasi,” pungkasNYA kepada TribunJatim.com . (lih/TribunJatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved