Tol Pasuruan - Probolinggo Akan Difungsionalkan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) akan difungsionalkan saat musim libur natal dan tahun baru mendatang. Rencananya, Tol Paspro yang merupakan Proyek

Tol Pasuruan - Probolinggo  Akan Difungsionalkan Saat Libur Natal dan Tahun Baru
(Surya/Galih Lintartika)
KOMPAK : PPK Tol Paspro Agus Minarno, Project Manager Tol Paspro Sutriman saat mengecek kesiapan Tol Paspro jelang difungsionalkan. 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) akan difungsionalkan saat musim libur natal dan tahun baru mendatang. Rencananya, Tol Paspro yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan mulai difungsionalkan pada 21 Desember 2018 - 2 Januari 2019.

Diharapkan, fungsionalnya Tol Paspro mampu membantu masyarakat yang akan menghabiskan libur natal dan tahun baru ini.

Dari data yang didapatkan Surya (TribunJatim.com ), Tol sepanjang 31,3 kilometer ini memang sudah 97 persen konstruksinya selesai sepenuhnya. Namun, masih menunggu hasil uji kelayakan dari pihak BPJT, Bina Marga, Kementrian Perhubungan dan lainnya.

Jika sesuai rencana, Tol Paspro yang menghubungkan dua kabupaten di wilayah Tapal Kuda ini akan beroperasi pada awal tahun 2019 mendatang.

PPK Tol Paspro Agus Minarno menjelaskan, secara kontruksi, ruas Tol Paspro sudah selesai. Nah, karena sudah selesai, ruas tolnya diminta untuk difungsionalkan selama musim liburan natal dan tahun baru.

BREAKING NEWS: Pasca Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Pemkot Surabaya Hentikan Paksa Proyek RS Siloam

Deklarasi Ulama Madura, Yenny Wahid: Jokowi Berwudhu di Samudera Kepulauan Natuna

Peduli Kanker Payudara, Kalyana Indonesia Beri Sumbangan Rp 10 Juta Pada Reach to Recovery Surabaya

"Ya tiga seksi yang akan kami fungsionalkan. Seksi 1, 2 dan 3. Jadi mulai Grati nanti akan turun di Leces. Panjangnya yang bisa difungsionalkan 31,3 Km," kata Agus saat mengecek kesiapan Tol Paspro jelang difungsionalkan kepada TribunJatim.com, Rabu, (19/12/2018) siang.

Dia menjelaskan, dalam pengecekan, semuanya sudah siap. 100 persen, kata dia, tol ini sudah difungsionalkan untuk arus libur natal dan tahun baru.

"Tapi untuk keamanan, kami sarankan dan kami batasi digunakan mulai pukul 07.00 - 17.00. Karena belum ada lampu penerangan jalan. Mudah - mudahan bisa membantu arus lalu lintas bagi masyarakat yang ingin berlibur ke Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember atau bahkan Banyuwangi," tambahnya kepada TribunJatim.com.

Project Manager Tol Paspro Sutriman menghimbau, bagi yang melintas di Tol Paspro ini harus mewaspadai penyempitan jalur. Ada dua penyempitan jalur di sepanjang Tol Paspro 31,3 km ini.

Ada di KM 13,9 dan 22. Tapi, secara utuh tidak ada gangguan yang signifikan. ada pembangunan kontruksi yang belum rampung.

"Tapi prinsipnya sudah bisa dilalui dan semuanya dalam kondisi 100 persen main roadnya sudah bisa dilewati kendaraan," katanya.

Menurut dia, untuk sementara, hanya satu arah yang difungsionalkan. Jadi, untuk arus liburan natal dan tahun baru, dan arus baliknya. Tapi ada usulan untuk difungsionalkan dua arah.

"Ini sedang kami rapatkan dan koordinasikan. Kalau memungkinkan ya kami akan operasionalkan dua arah. Kami juga akan lengkapi marka dan rambu - rambu di sepanjang tol ini," pungkasnya. (Ahmad Faisol/TribunJatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved