Bincang Bisnis 2018

Exxon Serius Kembangkan UMKM yang Mau Mengelola Bisnis Secara Profesional

Operator migas PT ExxonMobile Indonesia berkomitmen untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim.

Exxon Serius Kembangkan UMKM yang Mau Mengelola Bisnis Secara Profesional
SURYA.CO.ID/SUGIHARTO
Erwin Maryoto, Vice President Public & Government Affairs ExxonMobile Indonesia bincang usaha "Memenangkan UMKM di Era Digital 4.0," di ballroom Hotel Santika Premiere Surabaya, Rabu (19/12). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Operator migas PT ExxonMobile Indonesia berkomitmen untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim.

Bahkan, Exxon siap meluaskan jangkauan tidak hanya sebatas wilayah kerja saja. "Selama ini kami memfasilitasi UMKM di wilayah kerja kami di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban untuk Jawa Timur serta Kabupaten Blora di Jateng.

Ke depan kami akan fasilitasi UKM yang serius mengembangkan bisnisnya secara profesional. Itu sebagai tanggungjawab sosial Exxon bagi perkembangan ekonomi masyarakat," cetus Erwin Maryoto.

Hadiri Bincang Bisnis bersama Harian Surya, SKK Migas Sebut Ada 4 Kontribusi Hulu Migas di Era 4,0

Harian Surya Surabaya dan Exxonmobil Gelar Bincang Bisnis Memenangkan UMKM di Era Industri 4.0

Hal itu disampaikan Erwin Maryoto menjadi pembicara di acara bincang usaha "Memenangkan UMKM di Era Digital 4.0," di ballroom Hotel Santika Premiere Surabaya, Rabu (19/12).

Selain Erwin Maryoto, dalam acara yang digelar oleh Harian Surya bersama ExxonMobil itu juga hadir sebagai pembicara Direktur Utama Bank UMKM Jatim,Yudhi Wahyu M; Kepala SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Mashyar; Drajat Irawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi; serta praktisi UKM pemilik usaha sambal kemasan, Ny Mujiati.

Kendati begitu, Exxon harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Pasalnya Exxon, merupakan salah satu perusahaan Kontrak Kerjasama Kontruksi dan Operasional (KKKS) di usaha hulu Minyak dan Gas.

"Untuk memberdayakan masyakarat sekitar proyek, kami bekerja sama dengan LSM atau universitas dalam hal pengelolaan produk, manajemen, pemasaran dan pengelolaan keuangan, agar UKM bisa mandiri," paparnya.

Sementara itu Kepala SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Mashyar, menyebutkan bila industri hulu migas juga memiliki peran yang bisa dipakai untuk mengembangkan UMKM.

"Ada empat kontribusi industri hulu migas yang bisa mendorong UMKM di era industri 4.0 ini," kata Ali.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Adi Sasono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved