BPBD Tulungagung Salurkan Genteng dan Asbes ke Korban Puting Beliung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, mengirim bantuan material ke puluhan warga yang menjadi korban puting beliung, Rabu

BPBD  Tulungagung Salurkan Genteng dan Asbes ke Korban Puting Beliung
istimewa
Personil BPBD Tulungagung menurunkan genteng bantuan, untuk warga Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo yang menjadi korban puting beliung. 

 TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, mengirim bantuan material ke puluhan warga yang menjadi korban puting beliung, Rabu (9/1/2019) sore lalu, di Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo. Bantuan ini difokuskan untuk pemulihan hunian warga yang rusak.

Material yang dikirim Jumat (11/1/2019) pagi meliputi 5000 genteng dan 550 lembar asbes. Bantuan dibagi ke tiga dusun, yaitu Krajan, Selogiri dan Pabyongan.

Diharapkan dengan bantuan ini rumah-rumah warga bisa dipulihkan, kembali dapat ditinggali dengan nyaman.

“Kalau tempat usaha, misalnya seperti kandang belum menjadi prioritas. Yang utama bagaimana warga bisa kembali nyaman di rumahnya,” terang Kepala BPBD Tulungagung, Suroto kepada Tribunjatim.com.

Sekretaris Desa Penjor, Pranoto mengatakan, bantuan telah diterima langsung oleh warga yang rumahnya rusak.

Jumlah yang diberikan BPBD sudah sangat cukup untuk memperbaiki rumah warga. Kini warga tinggal memikirkan untuk memulihkan kandang ternak yang rusak.

Jadwal Pelantikan Khofifah-Emil Belum Jelas, Pakar Sebut Penunjukkan PJ Gubernur Jatim Tak Cocok

Jokowi Ikut Dukung Agnez Mo Menangkan Kategori Social Star Award di iHeartRadio Music Awards 2019

Jane Shalimar Tak Lagi Dampingi Vanessa Angel, Kini Ikut Kajian: 2 Hari Kemarin Terbuang Sia-sia

“Misalnya genteng, kan masih ada sisa yang tidak diterbangkan angin. Jadi butuhnya memang tidak terlalu banyak,” terang Pranoto kepada Tribunjatim.com.

Sebelumnya Pranoto dan perangkat desa aktif mendata kerusakan rumah warga. Dari pendataan itu, dibutuhkan sekitar 4.195 genteng dan 512 asbes. Sehingga jumlah yang dikirimkan BPBD melebihi yang dibutuhkan warga.

“Lebih baik memang lebih meski tidak banyak, dari pada nantinya kurang. Pengerjaannya dilakukan gotong royong oleh warga,” sambung Pranoto kepada Tribunjatim.com.

Puting beliung menerjang Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo, Rabu (9/1) sore. Angin bergulung-gulung membawa material dari area yang dilewatinya. Total ada 78 rumah yang rusak, enam kandang sapi yang rata dengan tanah dan satu masjid yang rusak. (David Yohanes/TribunJatim.com).

Penulis: David Yohanes
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved