Kasat Binmas Kediri Ubah Kardus Bekas Jadi Wayang Untuk Mendongeng

Memanfaatkan bahan kardus bekas, Kasat Binmas Polres Kediri AKP Bowo Wicaksono mengubahnya menjadi wayang kontenporer.

Kasat Binmas Kediri Ubah Kardus Bekas Jadi Wayang Untuk Mendongeng
(Surya/Didik Mashudi)
AKP Bowo Wicaksono memperagakan wayang kardus buatannya yang dipakai sarana edukasi Polisi sahabat anak (Polsanak) Polres Kediri, Kamis (24/1/2019). Sulap Kardus Bekas Jadi Wayang Untuk Mendongeng 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Memanfaatkan bahan kardus bekas, Kasat Binmas Polres Kediri AKP Bowo Wicaksono mengubahnya menjadi wayang kontenporer.

Melalui media wayang dengan tokoh polisi Bowo dan Kang Keceng jadi sarana untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tata tertib berlalulintas kepada anak-anak TK dan SD.

Mendongeng masih menjadi media yang efektif untuk menanamkan kepribadian dan memberikan edukasi kepada anak-anak. Namun sekarang orangtua tampaknya sudah sangat jarang yang masih mau mendongeng untuk anak-anaknya.

Jika biasanya polisi memakai media boneka untuk mendongeng, AKP Bowo Wicaksono memanfaatkan wayang kontenporer buatannya untuk ilustrasi dogengnya.

"Sebetulnya wayang hanya sebagai media saja, fungsinya sama dengan boneka," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Namun wayang lebih ekonomis dalam pengadaannya dan tidak butuh biaya banyak. Apalagi bahannya hanya menggunakan bekas karton nasi kotak dan kue.

Wayangnya sendiri menampilkan sosok polisi Bowo dengan seragam dinasnya baju cokelat dan pistol di pinggang.

Raffi Ahmad & Nagita Jenguk Gading Marten Setelah Resmi Diceraikan Gisel: ‘Hidup Terus Berjalan’

Mayangsari Ikut Makan Malam Keluarga Cendana, Penampilannya Dikomentari Rekan Artis, Inul Beri Pesan

Penyanyi PSY Dirikan Agensi P NATION usai Hengkang dari YG Entertainment

Tokoh lainnya yang ditampilkan Kang Keceng, sosok pemuda berambut jambrik ala anak punk yang biasa menjadi sosok antagonis. Tokoh Kang Keceng ini digambarkan naik sepeda motor tanpa helm.

Sosok lainnya ada tokoh wayang yang menampilkan anak sekolah memakai baju seragam serta guru. Untuk wayangnya ada yang dibuat dan didesain sendiri oleh AKP Bowo, sebagian lagi ada yang di buatkan oleh temannya.

Mendongeng dengan media wayang ini biasa menjadi sarana untuk memberikan materi kepada anak- anak, khususnya anak TK, Paud dan SD. Sehingga dibutuhkan bentuk visualisasi dalam wujud wayang.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved