KPU Tulungagung Gelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019

Sementara materi bimtek terkait dengan kegiatan Pilpres, Pemilu legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota) serta DPD.

KPU Tulungagung Gelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019
SURYA/DIDIK MASHUDI
Komisioner KPU Tulungagung menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di Hotel Bukit Daun, Kabupaten Kediri, Kamis (7/2/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - KPU Kabupaten Tulungagung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 kepada petugas PPK di Hotel Bukit Daun, Kabupaten Kediri.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Tulungagung, Victor menjelaskan, bimtek dilakukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap tahapan kegiatan yang dapat diteruskan kepada kawan-kawan PPS dan KPPS.

Sementara materi bimtek terkait dengan kegiatan Pilpres, Pemilu legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota) serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Polisi Lacak Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Dua Anak di Kediri dari Kamera CCTV

Pansus Terbentuk, DPRD segera Susun Peraturan untuk Pemilihan Wali Kota Blitar

Selain itu ada penambahan jumlah parpol peserta Pemilu menjadi 16 parpol.

Sehingga dibandingkan dengan Pemilu 2014 yang diikuti 12 parpol peserta Pemilu, Pemilu tahun ini ada penambahan 4 parpol baru.

"Ada tantangan bagi penyelenggara Pemilu terkait dengan pengadministrasian di tingkat TPS nanti. Karena kita hitung ada 103 set administrasi formulir yang harus diisi oleh KPPS," jelas Victor kepada TribunJatim.com, Kamis (7/2/2019).

Kabupaten Malang Tingkatkan Kualitas Perikanan dan Pariwisata Melalui Tempat Pelelangan Ikan

Arema FC Vs Timnas U-22, Singo Edan Targetkan Kemenangan di Hadapan Publik Sendiri

Dijelaskan, 103 set tersebut setiap set ada yang berisi 6 lembar, 5 lembar dan 4 lembar untuk Pilpres, sehingga banyak sekali yang harus diisi.

"Kami memandang sangat perlu memberikan pemahaman yang benar-benar komprehensif kepada kawan-kawan di tingkat ad hoc," jelasnya.

Di Kabupaten Tulungagung, setiap TPS bakal melayani sekitar 250-an pemilih.

Total seluruhnya ada 3.766 TPS.

Kerugian Akibat Kebakaran SMKN Ngasem Kediri Ditaksir Mencapai Rp 100 Juta

Victor mengharapkan setelah mendapatkan bimtek, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2019 di tingkat TPS dapat berjalan lancar.

Termasuk KPPS dapat memahami peraturan sehingga dapat melaksanakan Pemilu dengan penuh tanggung jawab, ketelitian dan keakurasian. (Surya/Didik Mashudi)

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved