Harga VGA turun

Harga VGA PC Turun, Waktu yang Tepat Buat Upgrade PC-mu Biar Gak Kentaang

Harga graphic card yang naik secara signifikan karena fenomena mining memang sangat ramai diperbincangkan tahun 2018 lalu.

Harga VGA PC Turun, Waktu yang Tepat Buat Upgrade PC-mu Biar Gak Kentaang
Techspot
Ilustrasi dua vendor VGA besar 

TRIBUNJATIM.COM - Harga graphic card yang naik secara signifikan karena fenomena mining memang sangat ramai diperbincangkan tahun 2018 lalu.

Pada awal tahun 2019 ini fenomena mining tidak terlihat seheboh dulu karena beberapa mata uang elektronik mengalami penurunan nilai.

Dari hal tersebut sudah masuk dalam logika bahwa akan banyak graphic card bekas mining beredar di pasaran sehingga supply akan meningkat dan seharusnya juga harga graphic card turun.

Benar saja, saat ini harga kartu grafis sudah mulai turun disertai dengan datangnya generasi baru yaitu RTX dari Nvidia akan membuat kemungkinan harga graphic card generasi Nvidia GTX akan turun lebih lagi.

Sama halnya dengan Radeon RX yang harganya sudah mulai normal juga.

Daftar Harga VGA
Daftar Harga VGA (www.techspot.com)

Apa langsung beli sekarang? Itu semua pilihan pribadi dan jika kalian menunggu harga serendah-rendahnya, hal tersebut akan sangat sulit terjadi karena harga pasar akan terus mengikuti permintaan sehingga kita tidak akan pernah tahu kapan terjadi hal tersebut.

Faktor turunnya harga tersebut juga bukan menjadi satu-satunya acuan dalam membeli graphic card karena ada faktor-faktor lain yang harus kita pertimbangkan.

Daftar penurunan harga
Daftar penurunan harga (techspot.com)

Pertama-tama dari brand apa kartu grafis yang akan kita ambil, dan dari brand yang ada merekapun memberi fitur-fitur seperti salah satu yang paling umum yaitu G-Sync dari Nvidia dan Free-Sync dari AMD Radeon.

Dari hal tersebut kita dapat memilih suatu graphic card dari monitor yang kita miliki apakah memiliki satu dari dua fitur tersebut.

Lalu yang harus dipertimbangkan selain hal tadi adalah optimisasi sistem karena itu juga adalah hal penting untuk memilih graphic card karena pada dua brand kartu grafis tersebut memiliki karakteristik tersendiri dalam hal optimisasi.

AMD Radeon memiliki sistem optimisasi yang baik terhadap game-game masa kini pada graphic card lama mereka sehingga dengan perilisan kartu grafis baru yang tidak secepat dan sesering Nvidia itu bukanlah masalah besar dalam segi performa.

Tapi dengan hal tersebut juga jika kalian adalah tipe yang ingin melakukan upgrade komponen secara berkala dengan alasan ingin selalu baru, mungkin kalian akan sedikit tidak terbiasa dengan brand ini.

Berbeda dengan Nvidia, dalam hal perilisan graphic card, bisa dibilang setiap tahunnya mereka merilis graphic card baru, tapi dengan catatan graphic card yang sudah lama dirilis performanya tidak akan seoptimal graphic card baru dengan level yang setara.

Editor: Candra Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved