Pencuri Isi Kotak Amal di Masjid Cerme Gresik Terekam CCTV

Seorang remaja tanggung terekam CCTV mencuri kotak amal di Masjid Sabilul Muttaqin, Jalan Morowudi, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jum'at (22/2/2

Pencuri Isi Kotak Amal di Masjid Cerme Gresik Terekam CCTV
istimewa
Remaja Tanggung Bobol Kotak Amal Masjid di Morowudi Terekam CCTV Seusai Sholat Subuh 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Seorang remaja tanggung terekam CCTV mencuri kotak amal di Masjid Sabilul Muttaqin, Jalan Morowudi, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jum'at (22/2/2019) seusai sholat Subuh, pukul 05.00 WIB.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Ahmad Azmy Syihab. Dalam rekaman berdurasi 6 menit lebih 10 detik itu terlihat seorang remaja laki-laki mengenakan kaos berwarna hijau, dan topi berwarna hitam mengendarai sepeda angin tiba di masjid.

Dia menaruh sepedanya tepat di depan pintu gerbang masjid lalu membuka pintu pagar yang dan masuk kedalam masjid.

Saat di dalam masjid, dia sempat berjalan mengelilingi dalam masjid sambil melihat keluar dan mengecek kotak amal yang berada di dalam masjid dekat dengan pintu disamping rak berisi Al-Quran.

Dia menggunakan obeng untuk membobol kotak amal cara membuka baut, dalam rekaman CCTV, pelaku membutuhkan waktu selama tiga menit baru bisa membuka kotak amal.

Setelah itu, kurang dari 20 detik dia langsung mengambil uang yang berada di dalam kotak amal lalu dimasukkan kedalam saku celana sambil melihat keadaan diluar.

Menteri Ignasius Jonan Resmikan Pos Pengamatan Gunung Ijen di Banyuwangi

Zulkifli Hasan Siap Pasang Badan Untuk Ahmad Dhani, Jamin Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani

Mulan Jameela Irit Bicara Usai Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng

Setelah itu dia sambil mengambil barang miliknya yang dibungkus kresek yang diletakkan diatas rak yang berisi Al-Quran.

Dengan tenanga, dia kembali mengendarai sepeda angin miliknya yang diparkir tepat di depan gerbang masjid ke arah Benjeng.

Salah satu pengurus masjid, Abdul Muntholib (64) mengatakan, dia baru mengetahui kotak amalnya rusak dibobol pelaku usai sholat Jum'at saat akan menghitung uang.

Pihaknya langsung mengecek ke CCTV masjid, dan ternyata pelakunya seorang remaja.

"Tidak sampai Rp 100 ribu di dalam kotak, karena sebelumnya, uang di kotak amal saya pindahkan ke brankas," ujarnya kepada Surya, Sabtu (23/2/2019).

Kotak amal yang terbuat dari kaca itu hanya rusak dibagian engsel karena terlihat bekas cukitan dan baut yang jatuh. Sambil memperbaiki kotak amal, dia mengaku sudah empat kali kotak amal di masjid menjadi sasaran pencuri.

Meski demikian, pihaknya tidak pernag melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. "Tidak melapor ke Polisi," tambahnya kepada Tribunjatim.com.

Sebenarnya, masjid telah menyediakan brankas yang terletak di samping pintu sebelah kiri agar uang yang terkumpul di dalam kotak amal langsung dipindahkan kedalam brankas.

Namun, aksi pelaku lebih cepat sehingga uang yang berada di kotak amal raib. (wil/TribunJatim.com).

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved