PPDB 2019 Akan Digelar Bulan Mei,Sekolah Kawasan Terancam Dihapus Karena Permendikbud 51/2018

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 rencananya akan digelar pada pertengahan Mei 2019 mendatang.

PPDB 2019 Akan Digelar Bulan Mei,Sekolah Kawasan Terancam Dihapus Karena Permendikbud 51/2018
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi PPDB 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 rencananya akan digelar pada pertengahan Mei 2019 mendatang.

Namun Dinas Pendidikan Kota Surabaya mulai cemas dengan regulasi yang ditakutkan akan bertabrakan dengan Permdikbud 51/2018.

Dalam regulasi yang lebih tinggi itu mengisyaratkan bahwa dalam sistem penerimaan siswa baru itu tidak mengenal sistem sekolah kawasan atau sekolah unggulan yang berjalan di Kota Surabaya. Semua hanya berlaku sistem Zonasi. 

Yakni mendasarkan siswa pada jarak rumah dengan sekolah. Bukan mendasarkan pada mekanisme yang tengah dijalankan di Kota Surabaya. Ada sekolah kawasan di jenjang SMP yang setiap lulusan SD  berkesempatan memilih SMP Kawasan.

Seorang Mahasiswi Dijambret dan Dipukul Orang Tak Dikenal di Kawasan Pinggir Kali Tulungagung

"Ini sedang kami perjuangkan untuk tetap menggunakan regulasi lama dengan tetap ada sekolah kawasan. Artinya kami akan berkonsultasi ke pusat agar mengakomodasi sistem di Kota Surabaya sehingga kami tidak dinilai melanggar Permendikbud," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Ihsan, Jumat (15/3/2029).

Ihsan berharap Kemendikbud tetap mengakomodasi sekolah kawasan. Sebagaimana Permendikbud, dalam PPDB nanti semua daerah termasuk Kota Surabaya patuh akan regulasi ini. Jika tidak mengindahkan akan dikenakan sanksi. 

Dalam aturan dan rambu-rambu PPDB sebagaimana acuan Permendikbud bahwa hanya mengenal tiga sistem.

Yakni sistem jalur Zonasi dengan komposisi 90 persen. Kemudian sistem atau jalur Prestasi 5 persen serta jalur Mutasi 5 persen. Tidak ada jalur prestasi di aturan pusat tersebut. 

Rayakan HUT Kota Malang, Ribuan Peserta Jambore Trail Adventure Jelajahi Kawasan Wisata Alam

Ihsan tetap optimistis bahwa Kota Surabaya akan bisa kembali menetapkan sistem PPDB seperti yang sudah berlaku selama ini. Kota ini telah menetapkan 11 SMP Kawasan. Sekolah yang diunggulkan.

Untuk bisa diterima di sekolah tersebut melalui seleksi ketat. Yang berhak mendaftar adalah lulusan SD dengan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) 8,5. Semua melalui online. Setelahnya akan dilakukan tes masuk yakni tes akademik. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved