Muslimat NU Pecahkan Rekor MURI Makan Lele Terbanyak, Khofifah Beberkan Potensi Olahan Lele Kediri

Muslimat NU pecahkan rekor MURI dalam acara Harlah Muslimat NU ke-73 di Stadion Candra Bhirawa, Pare, Kediri, Senin (18/3/2019).

Muslimat NU Pecahkan Rekor MURI Makan Lele Terbanyak, Khofifah Beberkan Potensi Olahan Lele Kediri
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Muslimat NU pecahkan rekor MURI makan porsi olahan lele terbanyak dalam acara Harlah Muslimat NU ke-73 di Stadion Candra Bhirawa, Pare, Kediri, Senin (18/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Muslimat NU pecahkan rekor MURI  dalam acara Harlah Muslimat NU ke-73 di Stadion Candra Bhirawa, Pare, Kediri, Senin (18/3/2019).

Bersamaan dengan promosi hasil olahan Kediri, pasukan Muslimat NU membuat giat makan 19.824 olahan lele .

Acara yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa itu juga dilakukan dalam rangka menguatkan identitas Kediri sebagai oenghasil olahan ikan lele berkualitas. 

Bahkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap, ke depan lele bakal menjadi produk unggulan dari Kabupaten Kediri dengan olahannya yang beraneka ragam dan berkualitas.

(Tahun Lalu Tak Diadakan, Festival Rujak Uleg Surabaya 2019 Kini Pecahkan 2 Rekor MURI)

(VIDEO: Begini Kemeriahan Festival Rujak Uleg Surabaya 2019 sampai Pecahkan 2 Rekor MURI)

"Saya pernah berkunjung ke budidaya lele di Plosoklaten Kediri yang bahkan sudah mengantongi ISO. Menurut saya ini keren sekali, dan bisa menjadi unggulan Kabupaten Kediri," kata Khofifah.

Menurut Khofifah, selain mengandung nilai gizi yang tinggi, Ikan Lelel juga bisa diolah menjadi berbagai makanan. Mulai dawet lele, es krim lele, ataupun nugget lele, bahkan onde-onde lele. 

"Untuk penguatan perdagangan antar wilayah bisa diperkuat melalui industri olahan dan bahan dasarnya adalah lele, dan menurut saya ini sangat mudah dikembangkan karena embrionya sudah ada," urai gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Khofifah ceritakan pengalamannya bertemu dengan pengelola budidaya ikan lele di Plosoklaten. Pengusaha di sana banyak menemui kendala pemasaran.

Untuk itu, dia temui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan meminta untuk penambahan layanan.

(Diusulkan Jadi Ketua Umum PPP, Khofifah Indar Parawansa Mengaku Ingin Fokus Jadi Gubernur)

(Sowan Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri, Khofifah Mohon Doa dan Jadi Pembicara Stadium General IAIT)

"Mulai Senin ini BPOM akan membentuk satu layanan di Bakorwil Jember dan Bakorwil Pamekasan, dan akan terus dikembangkan untuk 5 Bakorwil lainnya," terangnya.

Ditambahkan, di sisi layanan perijinan untuk  masyarakat Pusat Layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemprov Jatim di Kediri juga akan menambah sektor pelayanan perizinannya menjadi 13 sektor perijinan.

Dengan semakin dekatnya layanan perijinan dari PTSP maupun BPOM akan mempermudah dan mempercepat masyarakat.

"Kami ingin bagi IKM yang kesulitan mendapat ijin baik dari POM dan PTSP bisa semakin dipercepat, sehingga bisa segera dilakukan pemetaan terhadap produk unggulan tiap kab/kota," tambah mantan Menteri Sosial pada Kabinet Kerja ini.

Reporter: Surya/fatimatuz zahroh

(Beri Wejangan Peserta Millennial Road Safety Festival, Khofifah Singgung Begal Payudara di Jatim)

(Gubernur Khofifah dan Arumi Joget Bareng Via Vallen di MRSF hingga Wisudawan Doktor Termuda ITS)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved