Peresmian Jembatan Brawijaya Kota Kediri, Bertepatan 150 Tahun Jembatan Lama

jembatan Brawijaya Kota Kediri diresmikan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Peresmian jembatan dilakukan bertepatan dengan 150 tahun

Peresmian Jembatan Brawijaya Kota Kediri,  Bertepatan 150 Tahun Jembatan Lama
(Surya/Didik Mashudi)
Sebanyak 150 penari Suko-suko tampil di atas Jembatan Lama Kota Kediri yang diresmikan sebagai bangunan Cagar Budaya, Senin (18/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Jembatan Brawijaya Kota Kediri diresmikan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Peresmian jembatan dilakukan bertepatan dengan 150 tahun peresmian Jembatan Lama Kota Kediri, Senin (18/3/2019).

Sebelum peresmian, Jembatan Brawijaya telah dilakukan uji coba sejak akhir Desember 2018. Jembatan Lama pada masanya biasa dikenal dalam bahasa Belanda sebagai Brug Over den Brantas te Kediri.

Lokasi kedua jembatan ini saling bersebelahan menjadi penghubung wilayah Kota Kediri bagian barat dan timur Sungai Brantas.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan, peresmian Jembatan Brawijaya memang bertepatan dengan penetapan Jembatan Brug Over den Brantas te Kediri sebagai Struktur Cagar Budaya Peringkat Kota.

“Pada tanggal 18 Maret kita meresmikan Jembatan Brawijaya dan menetapkan Jembatan Lama menjadi Cagar Budaya supaya kita semua bisa melestarikannya. Sehingga anak cucu kita nantinya bisa melihat bangunan ini,” ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Walikota menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penyelesaian Jembatan Brawijaya. Pembangunan jembatan ini sempat berhenti dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Karena Walikota butuh waktu empat setengah tahun dengan mengirim surat ke Presiden untuk memohon izin melanjutkan proyek Jembatan Brawijaya yang telah lama berhenti.

Selain membutuhkan proses panjang, Walikota juga dibantu Mensesneg Pramono Anung yang asli warga Kediri.

Dokter Yang Usir Pendamping Disabilitas Dipindah dari Poli Umum RSUD dr Soedomo Trenggalek

Ingat ! Hasi Seleksi SNMPTN akan Dimumkan Lebih Cepat

30 Kios di Pasar Legi Jombang Terbakar, Bupati Mundjidah Tak Jamin Beri Kompensasi ke Pedagang

"Saya disuruh kirim surat tiga kali dan kemudian dirapatkan di Kementrian hingga akhirnya pembangunan Jembatan Brawijaya ini bisa dilanjutkan kembali,” jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved