Fatma Foundation Gencarkan Program Pemeriksaan Gratis Pap Smear dan Payudara

Fatma Foundation Gencarkan Program Pemeriksaan Gratis Pap Smear dan Payudara.

Fatma Foundation Gencarkan Program Pemeriksaan Gratis Pap Smear dan Payudara
TRIBUNJATIM.COM/IST
Penyuluhan kanker serviks yang digelar oleh Fatma Foundation, Selasa, (26/3/2019) di Jombang. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Bus Fatma Foundation kembali bergerak. Kali ini, bus milik yayasan Citra Fatma Wanita ini menyapa dan memberikan penyuluhan dan pemeriksaan bagi kaum perempuan di Jombang, Jawa Timur.

Seperti di beberapa lokasi sebelumnya, ada dua yang dilakukan Fatma Foundation. Pertama adalah pemeriksaan pap smear dan payudara serta melakukan penyuluhan.

Bertempat di Hotel Fatma, Jalan Urip Sumoharjo 22-24 Jombang, penyuluhan kanker yang dilakukan Selasa, (26/3/2019) ini diikuti 150 ibu-ibu atau perempuan warga Jombang.

Dari jumlah ini, 134 peserta mengikuti pemeriksaan pap smear dan payudara.

Mereka terdiri dari beragam profesi dan lapisan masyarakat. Mulai dari guru, jemaah pengajian Choirun Nisa, serta masyarakat umum.

"Saya sangat senang karena peserta sangat tertib dan antusias. Ada sesi tanya jawab yang semua pertanyaan berbobot untuk membahas kewanitaan," kata Founder Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf, dalam siaran tertulis ke Tribunjatim.com, Rabu (27/3/2019).

Pemeriksaan dan penyuluhan terhadap deteksi kanker servik dan kanker payudara yang dilakukan Fatma Foundation di Jombang ini merupakan bagian dari program yang terus dijalankan sejak Fatma Foundation dilaunching pada 4 Februari 2019 lalu.

Bus Fatma Foundation sendiri telah berkeliling ke beberapa titik dengan target melakukan penyuluhan bagi 100 orang dan pemeriksaan pap smear dan payudara secara cuma-cuma kepada minimal 50 orang per lokasi.

Bus dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern. Kondisi di dalam bus juga sangat nyaman dan dilengkapi pendingin udara.

"Program Fatma Foundation bersifat promotif dan preventif, lebih kepada penyuluhan dan pencegahan (deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara)," kata Fatma.

Dengan pemeriksaan dini, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.

"Fatma Foundation ini didirikan salah satunya demi mewujudkan mimpi kami yakni membantu perempuan di Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk semakin sadar terhadap kesehatan dirinya," kata istri Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.

Fatma mengatakan, seorang perempuan terutama ibu-ibu memiliki peranan yang sangat penting bagi keluarga. Ibulah yang melahirkan, merawat dan mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang.

"Maka untuk menjadi seorang ibu, kita harus tetap sehat, jika ibu sehat maka ia akan dapat mengurus keluarganya dengan baik dan pula terjamin kesehatannya.

Untuk itu, Fatma Foundation mengambil peranan penting untuk mengajak perempuan untuk menjadi sehat, dengan memeriksakan dirinya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara," ujarnya. (*)

Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved