Gurihnya Ayam Goreng Resto Lombok Idjo Semarang, Cita Rasa Khas Semarang yang Hadir di Surabaya

Pecinta kuliner di Surabaya bisa mencoba Resto Lombok Idjo Semarang yang menyajikan kuliner ayam goreng dengan lombok ijo yang sedap.

Gurihnya Ayam Goreng Resto Lombok Idjo Semarang, Cita Rasa Khas Semarang yang Hadir di Surabaya
SURYA.CO.ID/AHMAD ZAIMUL HAQ
Nasi lengkap dengan Ayam Goreng Sambal Ijo, sayur asem dan ikan asin, Maret 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bicara soal kuliner ayam goreng, Surabaya mungkin menyuguhkan berbagai pilihan resto terkenal. Tapi yang menyediakan ayam goreng sambal ijo khas Semarang di Kota Surabaya, mungkin hanya Resto Lombok Idjo.

Ya Resto Lombok Idjo Semarang, buka gerai pertama mereka di Surabaya. Dari ratusan menu yang ada, ayam goreng sambal ijo jadi salah satu menu juara mereka.

Ayam goreng disajikan di atas piring bambu dengan sambal ijo khas Semarang, berikut lalapan, yang sedikit berbeda adalah kremesan ayam goreng kaya rempah dan punya cita rasa gurih bertaburan di atasnya.

"Kami pakai ayam kampung bumbu, sebelum digoreng diukep dulu. Nah kremesannya itu adalah bumbu-bumbu ayam goreng yang ikut masuk ke dalam minyak, nah itu kami sisihkan. Setelah disisihkan sisa bumbu-bumbu itu dioven untuk hilangkan minyaknya," kata Herman, Owner Resto Lombok Idjo cabang Surabaya menunjukkan kremesan yang tidak berminyak.

VIDEO: Nikmatnya Menyantap Lontong Balap Pak Gendut Khas Surabaya Saat Hujan, Cobain Yuk!

Kremesan dan ayam yang tidak berminyak itulah lanjut Joe, sapaan akrab Herman, yang menggugah selera makan jadi bertambah. Rasa gurih bumbu ayam goreng bisa langsung dinikmati bersama nasi hangat dan sambal ijo.

Bagi pecinta kuliner di Surabaya yang tidak suka sambal terlalu pedas, sambal ijo bisa jadi jawaban. Namun karena lokasi Resto Lombok Idjo kali ini di Surabaya, tentu ada pilihan sambal lain yang bisa dinikmati.

Joe mengatakan selera makan masakan gurih dan pedas masyarakat Surabaya membawa Resto Lombok Idjo Semarang  cabang Surabaya menyediakan sambal merah sebagai pilihan. Sambal merah ini berbahan utama cabe rawit dan bawang putih.

"Kalau di Semarang yang paling laris memang sambal ijonya, tapi kalau di Surabaya paling cepat habis sambal merah. Tapi nggak usah khawatir, kami menyediakan dua sambal itu di atas meja, jadi bisa pilih sendiri sepuasnya. Karena untuk nasi dan sambal, kami berikan secara gratis, bisa tambah," terang Joe antusias.

Selain ayam goreng, beberapa menu juara lainnya adalah sayur asem, sop buntut, Goerami Bomboe Lotis (bumbu rujak), dan Goerami Bakar Madoe.

Sambut Mahasiswa Korsel Hingga Tajikistan, UK Petra Kenalkan Manfaat Bambu untuk Main Hingga Kuliner

Joe mengaku sebagian besar menu masakan yang ditawarkan Resto Lombok Idjo adalah masakan rumahan ala ibu, yang seringkali dirindukan.

"Jadi pilihan menu makanannya memang masakan rumahan, sayur asem, sayur bening, balado terong, sambal ijo, sambal terasi. Masakan rumahan yang harganya mulai Rp 10 ribu hingga Rp 71 ribu paling mahal. Itu pun Rp 71 ribu untuk ikan gurami yang bisa dimakan ramai-ramai," tambah Joe.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved